Benarkah “Kill la Kill” Adalah Plagiat?

January 3, 2014 10:09 am
Benarkah “Kill la Kill” Adalah Plagiat?

Sudah kah kalian membaca berita tentang Kill la Kill di tuduh plagiat? Kini Daisuke Ihara (sekarang mengubah nama menjadi Sai Ihara) pasangan mangaka Gakuen Noise yang menuduh Kill la Kill merupakan plagiat karyanya juga menulis sebuah blog mengenai kemiripan karya mereka dengan Kill la Kill.

ACT2

まあ、『キルラキル』は『学園ノイズ』のパクリ……のわけないじゃないですか。当然そこに『悪徒-ACT-』が絡んだとしてもですよ。

Kill la Kill adalah tiruan Gakuen Noise…… tidak mungkin lah. Tetap tidak mungkin walaupun dikaitkan dengan -ACT- (manga karangan Ihara yang ceritanya juga mirip Kill la Kill).

ええ、作品づくりで参考にしたマンガがどうやら同じですし。好きな作品を読んで、こういうのを書きたい。それが被れば似通うのも当然のことでしょう。なので『学園ノイズ』『悪徒-ACT-』と『キルラキル』。設定が被るのは大いにあり得る。でも作品を読めば、設定や物語、キャラの構図が類似点が見つかるものの、ストーリーはまるで違うのはおわかりでしょう? それはパクリとは言いません。

Sepertinya manga yang menjadi referensi dalam membuat karya masing-masing juga sama. Membaca suatu karya yang disenangi, lalu merasa ingin membuat sesuatu yang mirip dengan karya itu. Ya wajar saja jadinya mirip. Jadi setting Gakuen Noise, -ACT-, dan Kill la Kill memang sangat mungkin sama. Tapi kalau di baca baik-baik, walaupun setting, latar belakang dan design karakter mirip, ceritanya sangat beda kan? Itu tidak bisa disebut plagiat.

あ、ついでついで。もうひとつ俺からも燃料投下しときましょうか?w

Oh ya, satu lagi. Saya mau tebar minyak deh biar makin panas topik ini haha

ACT

俺の作品『悪徒-ACT-』には、針塚杏という男の娘ヒロインが出て来るんですけど

Dalam karya saya -ACT-, ada seorang heroine pria crossdress bernama Haritsuka An.

Killa

針目縫。これ、ネットで話題になっている通り本当に男の娘だったら、『キルラキル』製作陣の参考にした『男組』『炎の転校生』等の過去のマンガの中に、俺らのマンガも含まれてるんじゃないかなー、ありがたいなーとほくそ笑んでいいですかねw

Harime Nui. Kalau karakter ini memang pria crossdress juga seperti dugaan di internet, mungkin karya saya menjadi salah satu diantara manga lainnya seperti Otokogumi atau Honou no Tenkousei  yang di gunakan sebagai referensi membuat Kill la Kill haha

Ihara sepertinya tidak marah seperti Hiroyuki Ooshima mengenai kemiripan Kill la Kill dengan karya dirinya. Dia memandang keadaan ini dengan lebih tenang bahkan menikmatinya dengan menebar “minyak” yang cukup kuat untuk memanaskan topik ini.

via はちま起稿