Produser Yakuza: Saya Mungkin Benci GTA Tapi Saya Tetap Menghormatinya!

January 4, 2014 1:34 pm
Produser Yakuza: Saya Mungkin Benci GTA Tapi Saya Tetap Menghormatinya!

Produser franchise game Yakuza, Toshihiro Nagoshi sebelum ini mengatakan kalau dia membenci Grand Theft Auto (via Kotaku). Kalian tidak akan berpikir apa jawaban yang keluar saat dia ditanyakan game apa yang paling memukau dia yang keluar pada tahun 2013.

23hw0

Blog gaming Jepang, 4gamer baru-baru ini menanyakan pertanyaan dibawah ini kepada 151 game developer di Jepang.

“Dari semua game yang dirilis tahun 2013, judul apa yang paling berkesan bagi kalian?”

Di antara para responden, salah satunya adalah sang produser Yakuza itu sendiri dan dia menjawab “Grand Theft Auto V

gta-v-details-revealed-rockstar-0

Produser veteran ini memang telah megekspresikan ketidak-sukaannya kepada game buatan Rockstar Studio tersebut, namun dia tetap berpikir kalau GTA adalah sebuah “excellent game“. Penjelasannya tentang GTA V dibawah ini, yang bisa juga dibilang pilihannya sebagai Game of The Year miliknya, sepertinya memang merefleksikan penghargaan yang tinggi terhadap judul tersebut.

ku-xlarge

Nagoshi menulis: “Ada banyak game (di 2013) yang menarik bagi saya, namun, saya biasa tertarik pada game yang memiliki area bermain yang sangat luas dan juga memiliki kelebihan yang unik, jadi GTA V-lah yang pantas menjadi pilihan saya.

Nagoshi pun menambahkan “Bukan hanya itu saja, tapi saya harus mengaku kalau saya sangat terkesan dengan fakta, bahwa diantara semua bentuk sejarah entertainment termasuk film bioskop dan komik, GTA V berhasil untuk mencetak rekor penjualan gamenya dalam catatan rekor waktu yang luar biasa. Di balik investasi luar biasa (milik Rockstar) adalah strategi tepat, dan melihat semuanya dari segi isi, teknologi dan bisnis, saya hanya bisa berkata ‘sempurna’.

yakuza3

Sebuah pujian yang sangat tinggi mengingat kebenciannya pada GTA yang menurutnya, mempromosikan secara emosi kalau membunuh dan melakukan kejahatan memiliki sebuah kenikmatan tersendiri sampai dianggap menyenangkan. Walaupun Nagoshi memiliki banyak pendapat negatif tentang franchise ini, namun beliau masih bisa berpikir dengan kepala jernih untuk mengakui dan menghargai game yang bagus saat dia melihatnya.

Capek liat cowok-cowok terus dari tadi? Here, have some Hibiki. 🙂

c7a20c5dc90910d93b8afea515dffdd4

Source: Kotaku
Header Image: Source