4 Alasan Makin Bertambahnya Fudanshi

January 7, 2014 1:40 pm
4 Alasan Makin Bertambahnya Fudanshi

Istilah Fujoshi yang digunakan untuk para wanita yang menyukai karya-karya BL (Boys Love) kini sudah tidak asing untuk didengar. Tapi bukan hanya wanita saja yang menyukai BL, adapun para pria yang menyukai BL. Pria yang menyukai BL biasanya disebut Fudanshi.

BLone

Sebuah portal di Jepang memperhatikan bahwa jumlah Fudanshi semakin bertambah. Mereka melakukan survei kepada para Fudanshi untuk menemukan jawaban dari pertanyaan “Apa alasan Fudanshi menikmati karya BL?”. Berikut adalah 4 alasan yang di temukan oleh portal tersebut.

1.Empati kepada karakter membuat cerita lebih realistis

“Pada awalnya saya beli buku BL karena iseng, tetapi setelah dibaca baik-baik ternyata cukup seru. Tapi tetap saja saya kurang senang melihat adegan “dewasa”nya haha BL itu ceritanya bagus, saya bisa merasakan persahabatan kuat antara pria dan itu yang sangat menarik. Dan mungkin pola pikir khas pria membuat cerita lebih realistis.” (Pengusaha, 25 tahun)

Menurut beberapa Fudanshi ketika membaca BL, mereka akan memiliki empati kepada karakter pria di dalam bukunya. Mungkin hal yang sama biasa terjadi kepada pria yang tidak Fudanshi juga, misalnya pada saat melihat pertandingan olahraga.

2. Bagaikan membaca Shoujo manga

“Saya kurang suka kalau baca manga tentang bisnis, tapi kalo manga BL yang mirip shoujo manga saya suka. Alasan saya mulai membaca BL adalah rekomendasi dari teman Fujoshi. Beberapa manga menggambarkan karakter pria yang seperti wanita. Menurut saya mereka lucu, mungkin karena saya suka shota kali ya haha” (Pekera pabrik, 26 tahun)

Kini manga BL tanpa adegan “dewasa” semakin bertambah, dan banyak orang yang membaca manga BL bagaikan membaca shoujo manga. Mungkin pria yang suka membaca shoujo manga juga akan menyukai manga BL.

BL

3. Seiyuu kesukaan memerani karakter BL

“Kalau seiyuu  kesukaan saya memerani karakter BL, sebagai fans kan wajib untuk mendengarnya. Saya harus membeli manga BL untuk lebih memahami drama CD dari karya BL tersebut. Jadinya saya sering ditertawakan teman-teman saya. Tapi cinta kepada seiyuu favorit jauh lebih kuat dari rasa malu ditertawakan” (Mahasiswa, 22 tahun)

Penjualan manga BL sudah dapat menyaingi penjualan karya lainnya. Karya BL yang menggunakan seiyuu ternama untuk karakternya juga tidak sedikit, dan hal itu berhasil menarik banyak penggemar.

4. Percintaan homo tapi bukan homo menarik

“Bayangan saya terhadap BL pada awalanya adalah percintaan antara orang homo. Tapi setelah saya baca beberapa karya, ada juga percintaan anatara karakter yang bukan homo. Memang aneh tapi terkadang saya merasa “hmm cowo juga boleh ya…” ketika membaca manga BL” (Pengusaha, 23 tahun)

Sepertinya tidak sedikit karya BL yang menggambarkan percintaan karakter yang tidak homo. Menyimak bagaimana mereka akan jatuh cinta juga mungkin salah satu cara menikmati manga BL.

source Ameba News