[Impresi JOI] PlayStation Vita TV

January 12, 2014 11:53 am
[Impresi JOI] PlayStation Vita TV

Dari produk-produk baru Playstation, mungkin PlayStation Vita TV adalah produk yang paling banyak ditatap dengan pandangan kebingungan. “Versi non-portable dari konsol portable? Loh kok?” Pada acara peluncuran PS4 di Pacific Place pada 9 Januari kemarin, Bukan Randy dari JOI sempat mencoba Vita TV yang dipamerkan di sana, dan berikut adalah pendapatnya.

PS4Launch-44

Kata-kata “World Smallest Playstation Console” memang benar, bahkan Vita TV ini sendiri lebih kecil daripada PS Vita! Rasanya bisa saja konsol Vita TV ini dimasukkan ke dalam kantung celana dan dibawa untuk dimainkan di rumah teman atau tempat lain (jangan lupa bawa kabel dan stik kontrolnya ya).

PS4Launch-45

Vita TV sendiri dikontrol dengan menggunakan stik PS3, Dual Shock 3. Di sisi positifnya, memainkan game memang terasa lebih enak menggunakan Dual Shock ketimbang dengan menggunakan konsol portable (entah kapan terakhir kali saya memainkan hunting game dengan menggunakan stik konsol). Di sisi negatifnya, dan juga salah satu kekurangan yang bisa dibilang fatal, adalah karena pemakaiannya terbatas hanya menggunakan Dual Shock, fitur touchscreen dan kamera dari Vita tidak bisa digunakan di Vita TV.

PS4Launch-82

Di lokasi demo di Pacific Place terdapat 2 game Vita yang didemokan di Vita TV yaitu God Eater 2 dan Gundam Breaker. Memainkan God Eater 2 tanpa touchscreen tidak begitu masalah karena touchscreen-nya hanya digunakan sebagai shortcut untuk membuka menu, item, dan command. Sementara untuk Gundam Breaker, meskipun bisa dimainkan di Vita TV, tidak adanya fitur touchscreen berarti anda tidak bisa menggunakan chat saat bermain online.

Oke, mungkin Gundam Breaker tidak begitu masalah karena Gundam Breaker sendiri ada di PS3, dan beberapa game Vita lain yg tidak menggunakan fitur touchscreen sebagai fitur vital di gamenya bisa dimainkan tanpa masalah, tetapi game-game Vita yang menggunakan touchscreen sebagai fitur utama, seperti Tearaway, Gravity Rush, dan lainnya tidak bisa dimainkan di Vita TV.

Ini cukup disayangkan mengingat PS Vita sendiri terkadang dikeluhkan dengan “kurangnya killer game di Vita”, sehingga mengurangi jumlah game yang bisa dimainkan nampak seperti langkah yang buruk dan mungkin malah mendorong pengembang untuk tidak banyak membuat fitur yang menggunakan touchscreen agar gamenya kompatibel di lebih banyak platform. Untungnya, seperti PS Vita, Vita TV bisa memainkan game PS1 dan PSP yang dapat dibeli dari PSN.

PS4Launch-57

Mungkin salah satu pertanyaan yang banyak diajukan untuk Vita TV (selain fitur touchscreen) adalah apakah resolusi PS Vita (960×544) bisa ditampilkan di layar TV tanpa pecah. Dari yang saya lihat di demonya, jawabannya adalah ya dan tidak. Vita TV memiliki sebuah sistem upscaler agar resolusi yang ditampilkan mencapai 1080i (sumber: Wikipedia) dan untuk penampilan 2D-nya, tampaknya upscaler ini bekerja dengan baik. Video pembuka dan layar judul God Eater 2 ditampilkan di layar TV HD dengan sangat bagus dan bahkan tidak nampak jaggies sama sekali. Namun semuanya berubah begitu game dimulai.

Meski nampak bagus untuk 2D-nya, model 3D nampak sangat pecah. Oke, mungkin bisa terlihat lebih bagus seandainya tidak dimainkan di TV layar lebar dari jarak 1 meter seperti di demonya. Tapi yah, demi keamanan, apa boleh buat. God Eater 2 tampak cukup pecah-pecah, tapi tidak terlalu buruk dan memainkannya dengan Dual Shock 3 terasa sangat memuaskan. Di sisi lain, Gundam Breaker, yang di PS Vita sendiri tampak agak pecah-pecah, kini nampak SANGAT pecah-pecah di Vita TV

Secara keseluruhan, Vita TV tampak agak aneh. Penggunaan Dual Shock 3 memang nyaman, tetapi dengan harus menghadapi gambar pecah di kebanyakan gamenya (kecuali anda memainkan game-game VN atau beberapa game 2D lainnya) dan tidak kompatibelnya game-game yang banyak menggunakan fitur touchscreen, Vita TV malah tampak seperti versi lebih terbatas dari PS Vita. Semoga nanti patch yang memperbolehkan penggunaan Dual Shock 4 dari PS4 nanti bisa mengembalikan fitur touchscreen dengan menggunakan touch pad dari Dual Shock 4.

Di Jepang, PS Vita TV dirilis dengan harga 9954 Yen atau sekitar 1,1 juta Rupiah. Sedangkan harga resmi PS Vita TV di Indonesia adalah Rp 1.799.000,- , dan untuk paket lengkap dengan DualShock 3, kalian bisa membelinya dengan harga Rp 2.599.000,-