Lihat Gameplay Persona 3 Saat Masih Prototype

January 12, 2014 6:41 pm
Lihat Gameplay Persona 3 Saat Masih Prototype

Persona 3 adalah salah satu seri Persona paling populer baik di Jepang maupun Internasional. Pernahkah kamu membayangkan game ini tadinya harusnya akan seperti apa? Sang sutradara Katsura Hashino menyatakan dalam blog-nya kalau sebenarnya sistem dan gameplay dari Persona 3 banyak mengalami perubahan.

Dalam game berusia lebih dari 6 tahun ini, kita ingat bahwa gameplaynya, terutama dalam battle bahwa kita akan dipindah ke dalam “ruang” lain saat mengalami fase battle yang memakai sistem turn-based layaknya banyak RPG. Kira-kira seperti inilah battle system Persona 3 (dan juga Persona 4, yang tidak mengalami banyak perubahan) yang kita kenal;

Tapi rupanya tadinya battle system dari Persona 3 tidaklah seperti itu. Hashino menyatakan bahwa pada mulanya battle akan terjadi langsung tanpa mengalami perpindahan ruang, sehingga menjadi lebih cepat. Seperti yang tampak pada video dibawah ini

Terlihat cukup berbeda ya? Hashino menyatakan bahwa alasan utama perubahan ini adalah beban memori yang cukup besar, sehingga tim pengembangnya harus merombak sistemnya jadi seperti video pertama, seperti yang kita semua kenal.

Masalah memori tentunya sekarang tidak akan menjadi masalah dalam konsol generasi baru. Akankah kita melihat battle system original Persona 3 digunakan dalam Persona 5?

Sumber: Siliconera