Jangan Panggil Gemuk, Tapi Panggil Mereka Marshmallow Girls!

January 15, 2014 6:18 pm
Jangan Panggil Gemuk, Tapi Panggil Mereka Marshmallow Girls!

Banyak dari kita yang memiliki bayangan bahwa gadis-gadis di Jepang semuanya langsing dan kecil (dan memang pada dasarnya kebanyakan sesuai deskripsi delusi tersebut), namun ada satu fakta menyedihkan dibalik tubuh mereka yang kurus-langsing tersebut yaitu sebuah kasus diskriminasi dari masyarakat. Di beberapa belahan dunia, wanita yang bertubuh seperti gitar Spanyol sangatlah diminati, namun di Jepang, bila kamu sedikit saja memiliki lemak (namun tidak sampai obesitas) mungkin dianggap kejahatan di Jepang dan wanita chubby biasanya dipanggil “debu” (Gendut) di dunia maya dan terkadang, di depan mukanya.

b417e50c

Namun, ada sebuah nama panggilan yang muncul untuk para wanita chubby dan sedang menjadi tren diantara pengguna internet di Jepang, dengan harapan dapat mengubah sikap orang-orang terhadap mereka. Mulai sekarang, panggilah mereka dengan sebutan “Marshmallow Girls“!

Jika kamu sedang memikirkan seperti apa sih standar wanita-wanita di Jepang, di bawah ini adalah sebuah gambar perbandingan wanita-wanita yang cukup populer di kalangan komunitas cyber Jepang.

pochado-1210-1

Angka-angka tersebut menunjukkan seberapa montoknya wanita yang ada dalam gambar tersebut, dan dengan mengasumsi bahwa “0% Chubbiness” sebagai representasi dari rata-rata ukuran yang dapat ‘diterima’, kamu akan mendapat sebuah gambaran bagaimana ketatnya para masyarakat menganggap kebutuhan seseorang untuk mendapat tubuh yang aduhai.

df1e8c5baf176053e9e44a44b1ec3f32
Image Source: pixiv/curry-man-hakozume

Tapi! Wanita gemuk juga lucu kok!” seru Saichu, seorang pria yang dengan bangga memiliki ‘fetish perut’ dan berkomentar bahwa pendapat masyarakat sangatlah bias terhadap para gendut, dan berkata bahwa “Mereka kurang disiplin diri” atau “Mereka meninggalkan diet dengan nutrisi seimbang makanya mereka gendut“. Namun dia secara pribadi berpikir bahwa perut wanita chubby memiliki rasa marshmallow dari surga dan dia juga adalah orang yang membuat nama “marshmallow girl” sebagai nama panggilan untuk para wanita chubby dengan harapan dapat mengurangi diskriminasi terhadap mereka.

f89169a032f442925d2c409b00a02ec6

Image Source: pixiv/ballga_gallgo

Sayangnya, mindset yang bias bukan sesuatu yang bisa diubah dalam semalam saja. Para pengguna twitter Jepang tanpa ampun kemudian berkomentar

  • “Panggil mereka apapun yang kau mau, tapi gembrot tetap gembrot.”
  • “Sangat membingungkan, memanggil mereka gendut atau pizza (sebuah istilah untuk wanita otaku gendut berminyak) lebih normal.”
  • “Satu-satunya hal yang manis tentang mereka adalah betapa ‘manis’nya mereka dengan pengaturan kesehatannya.”
  • “Marshmallow Girls, lemak mereka leleh saat dipanaskan.”
  • “Ubah nama itu menjadi Boneless Ham.”
  • “Mereka lebih seperti mochi (kue beras kenyal) daripada marshmallow”
  • “Stop mencoba merasionalisasikan kegemukan!”
  • “Bakpau daging rasanya lebih cocok untuk nama panggilan.”

Tidak semua wanita chubby mendapat tubuh mereka dari hal-hal yang berkaitan dengan diet. Hal-hal dalam tubuh seperti metabolisme lambat dan kemalasan diri mungkin juga berkaitan dengan alasan mereka mendapat tubuh seperti itu.

258a26844384b3ba8757b0fb6749c398
Super Pochaco: pixiv/kokatsu1

Akhir-akhir ini pun sepertinya ada usaha dari Nitro+, perusahaan game yang membuat Super Sonico mengeluarkan ilustrasi Super Pochaco (baca: Super Pocha-ko) seorang karakter wanita yang cukup montok yang sepertinya mencoba merubah paradigma ini. Anehnya, Super Pochaco memiliki badan yang montok namun memiliki wajah yang sangat langsing, sebuah fenomena yang luar biasa, Nitro+! Super Pochaco pun memiliki beberapa figure yang akan dikeluarkan, antara lain oleh TaitoFreeing dan Vertex.

Agon1389342303 176424 183891

Pada akhirnya, seleralah yang akan menentukan apakah kalian ingin gadis yang chubby dan montok atau kurus seperti model, bagaimana menurut kalian? Secara pribadi menurut saya sedikit lemak itu bagus kok, ngga perlu langsing perfect atau malah sekurus lidi, biar pipinya agak-agak tembem gitu dan pahanya lebih berisi, seperti Enako misalnya.

1Z3A0146A

Source: Rocketnews