Petualangan JOI di Comiket 85 Day 0, Lengkap Dengan Survival Guide!

January 17, 2014 6:51 pm
Petualangan JOI di Comiket 85 Day 0, Lengkap Dengan Survival Guide!

Comic Market 85 (Comiket 85) telah sukses digelar pada tanggal 29-31 Desember 2013, dan pada kesempatan tersebut, JOI diwakili ryuukikun turut bertualang di salah satu medan perang otaku terbesar di dunia. Beserta beberapa kawannya, ini dia liputan khusus event C85 mulai dari hari pertama, sampai dengan hari terakhir.

IMG_2227

…Atau lebih tepatnya dari sehari sebelumnya, karena saya ikut mengantri dari malam sebelumnya, dan tidak bisa tidur sampai akhirnya pintu masuk dibuka. Karena ini pengalaman pertama saya mengikuti Comic Market, saya ingin mencoba mengikutinya dengan sebaik-baiknya

Day 0 : Preparations

Sering digambarkan di berbagai macam anime ataupun manga, Comiket digambarkan sebagai medan perang, karena banyaknya orang-orang yang datang ke event tersebut, dan antrian yang menyiksa, serta resiko akan kehabisan barang yang ingin dibeli, yang pada akhirnya membuat beberapa orang yang ambisius untuk membentuk suatu grup “tentara” dengan pembagian tugas.

comike 01

Tokyo Big Sight, tempat diadakannya C85, terdiri dari 2 gedung, yaitu East dan West Building. Bangunan segitiga terbalik yang foto-fotonya sering masuk di berita-berita Comiket adalah West (西)Building, yang terdiri dari 4 hall, yaitu West 1-2 di lantai bawah, dan West 3-4 di lantai atas. West 3-4 adalah tempat booth-booth official berada, sedangkan hall sisanya adalah booth untuk Doujinshi.

IMG_2455

IMG_2454

IMG_2456

IMG_2457

East (東) Building terdiri dari 6 hall, yaitu East 1-3 dan East 4-6 yang terpisah oleh lorong.

Untuk barang-barang yang perlu dipersiapkan, karena saat ini udaranya sangat dingin, semua orang yang datang ke sana perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Menjaga agar suhu tubuh tidak turun

Baju hangat, minuman hangat, dan segala sesuatu yang bisa menjaga suhu tubuh kalian agar tidak turun, merupakan salah satu hal yang paling penting pada musim ini. Pada saat tengah malam dan menjelang pagi, suhu saat ini bisa mencapai 2 derajat Celsius, ditambah lagi Tokyo Big Sight berada di dekat laut, sehingga bisa kalian bayangkan sendiri betapa dinginnya angin laut yang berhembus di suhu serendah itu.

Bawalah Kursi Lipat

Betapa pentingnya benda ini, sampai saya menaruhnya di satu poin tersendiri. Selain bisa digunakan untuk menandakan tempat, kursi lipat ini juga sangat membantu agar kalian tidak perlu duduk di lantai beton yang amat sangat dingin. Terpal dan kantung tidur juga dapat digunakan sebagai alternatif, terutama terpal juga dapat digunakan untuk menandakan area grup kalian.

Sangat disarankan untuk pergi bersama teman

Ya, menunggu dalam waktu yang lama, akan sangat membosankan, maka sebaiknya kalian pergi ke sana bersama dengan teman kalian, sehingga kalian bisa berganti-gantian menjaga tempat, atau juga berganti-gantian pergi ke combini terdekat untuk membeli makanan atau minuman, dan jangan khawatir kalau mereka akan kehabisan stok, karena mereka sudah mengantisipasinya, dengan stok yang sangat banyak.

IMG_2206

Ketahui letak combini, ATM, dan terutama Toilet(!)

Combini, yang merupakan sumber kehidupan para prajurit di medan perang, sudah pasti patut diketahui letaknya. Di sekeliling West building, terdapat beberapa combini, seperti Lawson, Family Mart dan Sunkus, sedangkan untuk East Building, mereka harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk ke combini terdekat.

Selain combini, yang tidak kalah pentingnya adalah letak toilet, lebih baik lagi apabila kalian mengetahui letak semua toilet yang berada di sekitar gedung, karena toilet yang berada di dekat dengan gedung utama, dapat dipastikan lebih ramai dibandingkan dengan toilet yang berada agak jauh dari gedung utama. Seburuk-buruknya, mungkin sekitar 30 menit mengantri, barulah kalian bisa masuk ke dalam toilet.

Selain itu, perlu diketahui bahwa untuk toilet lelaki, antrian untuk WC berdiri dan duduk dibedakan, jadi bisa bayangkan apabila kalian tidak tahan lagi untuk (maaf) buang air besar, sedangkan terdapat sekitar 10-12 orang yang mengantri di depan kalian, saya hanya bisa mengucapkan selamat…menahan.

diapers
Kembali JOI ingatkan, produk ini akan sangat membantu kalian

Persiapkan kelompok untuk bagi-bagi tugas ngantri!

Untuk booth-booth besar, antriannya akan mengular, bahkan ada di salah satu booth, saya menghabiskan sekitar 40 menit untuk mengantri, untung saya masih bisa mendapatkan buku yang saya incar. Sedangkan, salah satu teman saya mengantri di salah satu booth sampai sekitar 1.5 jam, dan tidak berhasil mendapatkan apapun karena barangnya sudah sold out. Untuk mengantisipasinya, bagi-bagilah tugas dengan teman-teman kalian yang juga ikut datang ke sini.

Perhatikan arus orang dengan baik

Pada saat saya baru masuk ke dalam, saya sempat ditabrak dari beberapa arah dan sempat terbawa arus, sampai barang-barang bawaan saya terjepit dari berbagai arah. Plastik saya langsung rusak dalam hitungan detik ;_;

Itulah beberapa tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin mencoba untuk ikut serta dalam Comiket. Mari lihat Comiket sebenarnya dalam artikel berikutnya.