Petualangan di Comiket 85 [Day 1]

January 18, 2014 2:08 pm
Petualangan di Comiket 85 [Day 1]

Day 1 : The War Begins

Pada tanggal 28 malam, saya datang sejak pukul 07.00 malam, dan kemudian mulai dari sekitar jam 10 malam, semua pengantri digiring dari daerah tempat parkir di sebelah West Building untuk memutari Tokyo Big Sight sambil diatur antriannya, dan baru selesai diatur sampai sekitar pukul 01.30 pagi.

Kalian diharuskan untuk menunggu sampai pukul 08.30 pagi, sampai akhirnya digiring kembali sampai ke depan masing-masing hall yang ingin kalian datangi.

IMG_2231

Pada hari pertama, saya bertujuan untuk masuk ke dalam West Hall 3. Bahkan, pada saat akan memasuki hall, para pengunjung sudah dipecah untuk berbagai antrian, yaitu antrian-antrian untuk booth yang terkenal seperti Dengeki, Visual Arts, dan lain-lain. Akhirnya pada pukul 10.00, pintu gerbang dibuka, semua orang langsung berlarian masuk ke dalam hall. Kantong plastik yang saya bawa langsung ditabrak dari segala arah, dan semua orang langsung membentuk antrian di masing-masing booth yang mereka inginkan.

Beberapa barang di booth-booth kecil pun ada yang langsung habis dalam hitungan menit, seperti misalnya tiket untuk salaman dengan Pile, Seiyuu Nishikino Maki di Lovelive, atau juga photo book Kubo Yurika yang dibuat dengan foto-foto dari Nanjou Yoshino, serta tiket untuk salaman dengan Nitta Emi, Seiyuu Kousaka Honoka di Lovelive.

Dalam sekejap, antrian untuk booth-booth terkenal seperti Dengekiya, August, Bushiroad dan lainnya langsung memanjang di luar gedung, bahkan sampai ke tempat parkiran.

IMG_2243

Bahkan untuk mengantri pun, ada tata caranya, yaitu antara lain sebagai berikut :

  • Bila antriannya pendek, kalian hanya harus mencari di mana terdapat papan yang bertuliskan 最後尾 (saikoubi), yang artinya ujung antrian
  • Bila antriannya panjang, seringkali ujung antrian tidak terdapat di dalam gedung, biasanya antrian di dalam gedung akan bertuliskan 列の途中 (retsu no tochuu) atau artinya tengah-tengah antrian, dan seringkali kalian harus bertanya kepada para petugas, dimana sih ujung antriannya? Lalu kalian akan diarahkan ke luar gedung untuk mengantri.
  • Pada saat sudah mengantri di luar gedung, kalian akan dibawa masuk ke dalam gedung, biasanya langsung segerombolan, oleh para petugas antrian. Mereka akan menyuruh beberapa orang yang berada di depan untuk mengangkat tangan mereka, menandakan bahwa mereka adalah salah satu dari orang-orang yang ikut mengantri, sambil berjalan megikuti para petugas.

IMG_2247

Untuk hari pertama ini, tidak terlalu banyak yang saya kelilingi, sebagian besar waktu saya habiskan di commercial booth, dan pada saat saya menyeberang ke East Building, dari depan gedung sudah mengantri barisan panjang berisikan perempuan. Ya, hari pertama kebanyakan berisikan circle yang membuat doujinshi yang ditujukan untuk para wanita.

Akhirnya saya mengarah balik ke West building dan kembali menghabiskan waktu saya di sana sampai sore. Menjelang sore, antrian semakin panjang, dan beberapa barang yang dijual di masing-masing booth terjual habis, dan akan distok ulang keesokan harinya.

Sekitar jam 3 sore, saya keluar dari Tokyo Big Sight, pergi makan bersama teman-teman sampai sore, dan sesampainya di rumah, saya berberes barang dahulu, sebelum akhirnya tidur, atau lebih tepatnya ketiduran pada jam 8 malam >.>