Karakter di Anime dan Manga Yang Berasal dari Indonesia

January 20, 2014 12:30 pm
Karakter di Anime dan Manga Yang Berasal dari Indonesia

Indonesia tampaknya semakin eksis di mata orang Jepang, dan juga para staf anime dan manga. Mulai dari suguhan mengejutkan dari anime terbaru seperti Chuunibyou Ren yang dengan jelas menampakkan situasi Jakarta dengan macet, Kopaja, Taksi Bl*e B*rd, dan Busway serta Buddy Complex yang menampilkan karakter dengan nama Indonesia.

Kalau begitu, adakah karakter lain di anime dan manga Jepang yang berasal dari Indonesia?

Ternyata ada! Inilah hasil penelusuran JOI tentang karakter anime dan manga dari Indonesia;

History’s Strongest Disciple Kenichi – Radin Tidat Jihan & Silcardo Jenazad
Seri ini merupakan seri yang dikenal cukup banyak memasukkan karakter dari Indonesia. Radin dan Silcardo Jenazad adalah 2 karakter dengan peran paling penting dari karakter Indonesia yang ada di seri ini. Sebagai manga dengan tema bela diri, Radin dan Silcardo Jenazad adalah praktisi Pencak Silat terkemuka dalam manga-nya.

jihan1

Unsur Indonesia dalam karakter ini cukup kental, dari pakaian yang mereka kenakan hingga nama jurusnya yang benar-benar memakai bahasa Indonesia.

penembakanhasratbunuh

Selain mereka berdua, ada juga beberapa karakter minor dari Indonesia seperti Hartini dan Menang, juga Miu Furinji mendapat julukan “Bulu”.

Buddy Complex – Soeharto

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, karakter bernama Soeharto di seri Buddy Complex ini tidak benar-benar secara gamblang ditunjukkan sebagai orang Indonesia, tapi pengejaan nama resminya sudah cukup membuktikan bahwa ia memang terinspirasi dari mantan presiden kita itu (Soeharto dan bukan Suharto seperti yang resmi dipakai oleh pihak luar negeri)

11498-78419834

Rahxephon – Elvy Hidayat
Sejauh ini mungkin ini adalah salah satu karakter pendukung yang secara gamblang ditulis dan diperkenalkan sebagai orang Indonesia. Pilot handal dalam serinya dan juga salah satu karakter pendukung penting.

3978181_20130729094827

Untuk lebih meyakinkan, ia bahkan dijuluki “Bunga Mawar” di serial animenya.

download

Gundam 08th MS Team – Kiki Rosita
Lagi-lagi dari mecha. Kiki Rosita adalah gerilyawan lokal dari Kalimantan/Borneo, tempat dimana cerita 08th MS Team berada. Sayang seperti kebanyakan karakter diserial ini yang tidak diketahui kebangsaannya, Kiki tidak secara eksplisit dikatakan sebagai orang Indonesia.

Img_1216543_37801080_0

Tapi setidaknya kita bisa menebak dari namanya yang “Indonesia” banget, sampai Signum salah membayangkan bahwa ini adalah Kiki Fatmala

Kira-kira itulah beberapa karakter yang berasal dari Indonesia. Tentu masih banyak yang kami lewatkan seperti karakter dari Tokkyuu, yang dengan jelas pernah menceritakan pembentukan sebuah tim penyelamat laut khusus di Jakarta (sampai ada pemandangan Pasar Grogol segala!).

Selain itu juga masih ada beberapa manga atau anime yang menyebut Indonesia, baik tokoh sejarah ataupun olahraga, seperti pada manga Smash dimana nama Taufik Hidayat disebut sebagai pebulutangkis legendaris, atau Jormungand dimana Koko dan kawan-kawan pernah mengunjungi salah satu kedai di Jakarta, lengkap dengan Bajajnya.

Masih ada yang kami lewatkan? Ingatkan kami di komen di bawah!