Petualangan di Comiket 85 [Day 2]

January 21, 2014 2:44 pm
Petualangan di Comiket 85 [Day 2]

Day 2 : Taking It Easy

Terbangun pukul 8 pagi, hampir 12 jam saya tertidur. Pada hari ini, kami memutuskan untuk berangkat dari rumah agak siang, sekitar jam 9 pagi, dan sampai di tempat sekitar jam 10 lewat. Tujuan saya pada hari ini adalah mengelilingi East Building, yang tidak sempat saya datangi pada hari sebelumnya.

East Building dapat dicapai melalui lorong penghubung antara West dan East Building. Paginya, saya masih sempat mengunjungi West Building terlebih dahulu, dan seperti biasa, antrian sudah menggila. Belum berapa lama saya masuk, sudah diumumkan bahwa salah satu set yang dijual di Dengekiya hanya tersisa 11 buah, bahkan beberapa dakimakura sudah terjual habis. Benar-benar mengerikan!

IMG_2238

East Building, yang terdiri dari 6 hall, yang sebenarnya bila diperhatikan bentuknya berupa garasi yang amat sangat besar, dengan ratusan atau mungkin ribuan circle yang berpartisipasi di setiap Comiket. Beberapa hal yang perlu diketahui atas circle di sini adalah kira-kira sebagai berikut :

    • Saking banyaknya circle yang berpartisipasi, semuanya diindex di dalam Comic Market Catalog, yang bisa dibeli di berbagai macam toko seperti Tora no Ana, Gamers, dan berbagai macam toko-toko anime. Circle dibagi berdasarkan barisan dan nomor, yang dapat dilihat di peta yang diberikan pada saat membeli catalog, atau menggunakan catalog online.
    • Circle itu sendiri terbagi atas beberapa macam circle, antara lain :
      • Shutter Circle : Circle yang berada di masing-masing pintu masuk hall, biasanya merupakan circle besar, seperti illustrator untuk game, atau mungkin illustrator anime, dengan antrian yang amat sangat panjang, tentunya berada di luar gedung.
      • Wall Circle : Circle yang berada di tembok, menghadap ke dalam. Keunggulan untuk circle ini adalah mereka dapat memasang poster yang besar di tembok, untuk menarik perhatian pengunjung. Circle yang berada di tembok ini juga biasanya merupakan circle yang besar, kira-kira sama seperti Shutter Circle. Antrian untuk circle-circle yang berada di tembok ini juga, tentunya berada di luar gedung. Contoh circle dengan antrian yang panjang adalah circle dari animator Lovelive, dengan antrian yang amat sangat panjang.
      • Island Circle : semua circle yang berada di tengah, biasanya merupakan circle-circle kecil, dan sebagian dikelompokkan berdasarkan doujin yang mereka jual. Misalnya Idolmaster berada di satu deret, Lovelive di deret lain, dan seterusnya.
    • Perlu diingat, sebagian besar circle hanya menyewa stand satu hari, bahkan circle besar sekalipun. Jadi, kalian perlu mengetahui circle mana yang kalian incar dan pada hari apa mereka membuka stand.

Sebagian besar hari kedua saya habiskan dengan mengelilingi seluruh circle partisipan di East Building, yang berakhir dengan penyesalan karena tidak mengetahui bahwa barang yang saya incar berada pada hari kedua. Selain mengelilingi seluruh hall, saya juga sempat pergi mengunjungi bagian Cosplay, yang juga sangat dipenuhi oleh lautan manusia. Sulit sekali untuk mengambil foto pada hari itu >.>

Lagi, saya menghabiskan waktu di beberapa commercial booths untuk berbelanja beberapa barang, sekaligus menemui beberapa teman-teman yang sengaja datang untuk ikut Comiket dan makan malam bersama.

Kembali ke rumah, lagi-lagi sekitar jam  9 malam, dan karena berbagai macam hal, akhirnya saya tidak bisa tidur sampai jam 1 pagi, tetapi keesokan harinya harus mengambil kereta paling pagi, jadi terpaksa saya hanya mungkin tertidur sekitar 1.5 jam.