“TwiCas” Menjadi Trend Baru Dikalangan Anak Muda Jepang

January 21, 2014 3:30 pm
“TwiCas” Menjadi Trend Baru Dikalangan Anak Muda Jepang

Pernahkah kamu mendengar istilah TwiCas? TwiCas merupakan singkatan dari Twit Casting. Kini TwiCas menyaingi LINE dan menjadi sebuah trend di kalangan anak muda di Jepang.

tc

TwiCas merupakan sebuah situs yang dapat digunakan untuk melakukan live streaming. Sesuai dengan namanya, pengguna hanya membutuhkan akun twitter untuk melakukan live streaming. TwiCas di buka pada awal tahun 2010 dan kini lebih dari 4 juta akun terdaftar didalamnya.

tc1Gambar yang memperlihatkan perkembangan TwiCas sejak awal dibuka

Namun mengapa aplikasi ini dapat menjadi sebuah trend di kalangan anak muda Jepang meskipun ada situs lain yang melayani live streaming seperti Nico Nico Douga atau Ustream? Tentu ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1. Mudah Digunakan

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, untuk menggunakan dan melakukan live streaming melalui TwiCas hanya dibutuhkan akun Twitter. Twitter merupakan salah satu jaringan sosial terbesar di Jepang. Layaknya anak muda Indonesia “wajib” memiliki akun Facebook,  anak muda Jepang “wajib” memiliki akun Twitter. Pengguna tidak perlu lagi mengisi nama atau email untuk menggunakan TwiCas. Dan hanya dengan menekan satu tombol gambar yang ada di kamera kalian akan disiarkan ke seluruh dunia.

2. Dapat Digunakan Melalui Smart Phone

Banyak anak muda mengatakan “tidak bisa hidup tanpa smart phone”. Ya, memang begitu juga anak muda di Jepang. Aplikasi TwiCas tersedia dan dapat digunakan pada iOS maupun Android. Dengan itu pengguna dapat melakukan live streaming dimanapun dan kapanpun.

tc4

3. Sistem Komen Yang Efisien

Bagi pengguna (penonton) yang ingin melihat live streaming dari pengguna lain (penyiar) juga tentu dibutuhkan akun twitternya. Penonton dapat berkomunikasi dengan penyiar melalui comment box. Nama akun twitter penonton yang meninggalkan komentar akan terlihat oleh penyiar maupun penonton lainnya. Maka pengguna dapat segera berteman ataupun langsung melaporkan akun yang “fulgar” kepada pihak twitter.

4. Gratis!

Saya rasa yang ini tidak perlu dibahas lebih panjang. Ya, TwiCas dapat digunakan dengan gratis untuk siapapun! Walaupun kualitas gambar tidak dapat dikatakan “sangat bagus” tetapi didepan kata gratis hal itu tidak terlalu menjadi masalah. Banyak juga yang menggunakan TwiCas bagaikan siaran radio.

Penasaran? Langsung saja siarkan diri mu ke seluruh dunia melalui TwiCas. Siapa tau bisa kenalan sama gadis moe atau pria ikemen!

Sumber: NAVERまとめ