10 Istilah Yang Sering Diucapkan Oleh Otaku Jepang

January 22, 2014 1:14 pm
10 Istilah Yang Sering Diucapkan Oleh Otaku Jepang

Pernahkah kalian di juluki otaku karena sering mengucapkan kata-kata yang berasal dari anime atau manga? Memang diantara otaku ada istilah-istilah yang hanya dapat dipahami antara sesama otaku. Tentu orang Jepang yang otaku pun memiliki “istilah otaku” yang hanya bisa dimengerti antara mereka.

otk1

Kini sebuah portal di Jepang membuat ranking mengenai “istilah otaku” yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Mari kita simak istilah-istilah yang sering diucapkan oleh otaku orang Jepang.

1. リア充 (Riajyuu)
Riajyuu merupakan kependekan dari リアルが充実している (real ga jyuujitsu shiteiru) yang berarti “realitasnya cukup makmur”. Istilah ini biasa digunakan untuk menyindir orang-orang yang sudah punya pacar.

2. ~乙 (~Otsu)
Otsu merupakan kependekan dari お疲れ様 (otsukaresama) yang digunakan untuk menyapa orang yang sudah bekerja atau menyelesaikan suatu aktivitas. Istilah ini biasa digunakan untuk mengejek orang yang melakukan sesuatu tapi gagal atau “epic fail”. Sebelum kata otsu bisa ditambahkan berbagai kata misalnya 嘘 (uso) yang berarti bohong, menjadi 嘘乙 (uso-otsu).

3. 萎え (Nae)
Nae adalah kebalikan dari moe. Digunakan bila melihat sesuatu yang mengecewakan. Misalnya pada saat bertemu dengan karakter moe tetapi ternyata dia pria, sungguh nae.

4. ニコ動 (Nicodou)
Nicodou merupakan kependekan dari Nico Nico Douga. Ya, situs streaming video dari otaku oleh otaku untuk otaku.

5. ボカロ (Bokaro)
Bokaro merupakan kependekan dari ボーカロイド (Vocaloid). Tidak heran Bokaro dapat masuk di peringkat ke-5 karena Hatsune Miku merupakan salah satu karakter ikonis dari para otaku di Jepang.

otk

6. ツンデレ (Tsundere)
Haruhi Suzumiya! Asuka Shikinami! Rie Kugimiya! Saya kira yang satu ini tidak perlu penjelasan lebih panjang lagi.

7. フラグが立つ/立った (Furagu ga tatsu/tatta)
Kalimat ini secara langsung memiliki arti “bendera berdiri/sudah berdiri”. Bendera berdiri dikonotasikan sebagai sebuah wacana yang akan terjadi. Biasanya dalam bentuk ironi/jinks. Seperti saat orang mengatakan “ah gapapa, nanti pasti dapet makan kok”, dia malah nantinya tidak dapat makan.

8. ショタ (Shota)
Ini juga istilah yang sudah cukup meluas dikalangan otaku Indonesia. Shota merupakan julukan buat anak laki-laki.

9. 死亡フラグ (Shibou Furagu)
Masih berhubungan dengan ranking nomer 7, 死亡 (shibou) memiliki arti kematian maka Shibou Furagu berarti “Bendera Kematian”. Mengungkapkan adanya wacana suatu karakter akan mati. Bila ada karakter yang berkata bijak atau mengungkapkan rasa cinta sebelum adegan perang, kita boleh bilang Shibou Furagu dia sudah berkibar.

10. 中の人 (Nakano Hito)
Nakano Hito secara langsung memiliki arti “orang dalam”. Diantara para otaku istilah ini menunjukkan seiyuu atau pengisi suara.

Masih banyak istilah-istilah otaku lain yang digunakan oleh otaku orang Jepang. Adakah istilah yang kalian sering gunakan sesama teman otaku kalian?

source アメーバニュース