Apa Kata Veteran Perang Tentang Kantai Collection?

January 22, 2014 2:06 pm
Apa Kata Veteran Perang Tentang Kantai Collection?

Seperti yang kita tahu, kapal-kapal yang dijadikan gadis moe di game Kantai Collection atau Kancolle adalah kapal sungguhan yang berperang di Perang Dunia II yang tentunya dinaiki oleh para pelaut dan prajurit pada masanya. Kira-kira kalau para veteran itu tahu kapal yang dinaikinya saat berperang itu dijadikan gadis moe, apa reaksinya?

Surat kabar lokal Shukan Post baru-baru ini mempublikasikan artikel mengenai seorang veteran perang dari kapal Yahagi, salah satu kapal Kerajaan Jepang pada masa 1940-an dan juga kapal yang sudah berubah menjadi gadis moe di Kancolle. Saat ditanya mengenai kesannya terhadap game ini dan juga Yahagi yang “hidup kembali”, beginilah reaksi beliau;

yahagi2

“Yahagi terlihat seperti gadis yang baik dan manis disini.” Kata sang veteran, Takekuni Ikeda yang berusia 90 tahun. Ikeda-san adalah salah satu kru dari Yahagi yang bertugas pada saat perang berlangsung.

Sang kreator Kancolle, Kensuke Tanaka juga membalas respon Ikeda-san yang positif ini; “Orang yang mempunyai perasaan mendalam dengan Yahagi sebagai salah satu veteran perang ini telah menyambut hangat Yahagi yang “terlahir kembali”. Saat kami membuat game ini, perasaan kami terus ada pada mereka yang berjuang saat perang. Kami juga sama sekali tidak ingin sejarah melupakan mereka, serta para kapal yang telah tenggelam.”

yahagi

Kapal kelas Agano, Yahagi beberapa kali berpartisipasi dalam perang laut besar dan berhasil melewati salah satu pertempuran terbesar saat itu, Perang Laut Filipina. Yahagi akhirnya tenggelam dalam salah satu misi bunuh diri bernama Operasi Ten-Go dimana Yahagi harus menyerang armada Amerika di laut lepas Okinawa. Para kru dan awaknya diselamatkan kemudian.

Sumber: SGCafe

Gambar: Header