[3 Eps Rule] Buddy Complex

January 23, 2014 2:38 pm
[3 Eps Rule] Buddy Complex

Saya senang meskipun sedang sibuk dengan Gundam Build Fighters, Sunrise tidak mengorbankan seri ini untuk dirundung masalah finansial. Terbukti dengan kualitasnya yang cukup bagus. Tapi kok…?

SEED + Terminator
Itu adalah sekilas gambaran plot dari Buddy Complex yang bisa saya jabarkan hingga episode 3. Kalau mau lebih detil; Sambut Watase Aoba, seperti biasa pemuda yang biasa-biasa saja dengan sifat yang pas dengan hampir semua stereotip karakter utama. Lalu sambut lagi Yumihara Hina, sang teman sekelas Aoba yang selalu curi pandang. Tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba sebuah robot menyerbu kota dan mengincar Aoba. Hina menolong Aoba dalam robot yang ia sembunyikan dan membawa Aoba ke masa depan. Hina menghilang dan Aoba sadar sudah berada dalam kokpit sebuah robot di tengah-tengah peperangan.

Buddy Complex - 01 - Large 23

3 episode yang ditawarkan sejauh ini penuh dengan plot yang sudah sering sekali dibawakan, pemuda random yang tiba-tiba terjebak di tengah situasi perang dan dalam sekejap menjadi pilot unggul karena satu dan lain hal, mengendarai unit baru rahasia super canggih, kapten yang easy going, dan semua kemudahan yang bisa sebuah plot tawarkan demi menjalankan cerita lebih jauh. Anehnya dalam Buddy Complex, plot yang ada terasa sangat mirip dengan Gundam SEED dicampur dengan Terminator dalam bentuk cewek.

Penuh Fujoshi Bait
Apakah Sunrise sedang berusaha menarik fans cewek untuk menonton Buddy Complex? Mungkin saja. Buddy Complex dipenuhi apa yang tampaknya menjadi umpan bagi para Fujoshi untuk dapat menjadi fans dari pasangan Aoba dan Dio dengan segala sifat, istilah dalam anime dan perkembangan ceritanya. Anime apa lagi yang memakai istilah macam Coupling, Proposing, dan istilah kawin/menikah lainnya untuk mengsinkronisasi sebuah robot yang dipiloti 2 ikemen? Bahkan Aquarion Evol yang entah mengapa dapat merangsang pilotnya sedemikian rupa saat robotnya bergabung juga tidak begini-begini amat sepertinya.

bc01a

Masih Bakar Budget
Meskipun demikian, Buddy Complex juga masih menawarkan aksi yang bagus dengan mecha battlenya. Saya takkan komentari desain mecha-nya karena saya bukan pemerhati mecha. Tapi sejauh ini cukup memuaskan.

Buddy-Complex-02

Buddy Complex adalah anime yang lumayan, kalau kamu tidak keberatan dengan kesamaan plot dengan Gundam SEED dan Terminator yang dibumbui dengan fujoshi bait yang cukup berlebih.

Verdict: Anime mecha yang super standar. Saya baru mau lanjut kalau Hina bilang “I’ll Be Back” di akhir cerita.