Petualangan Di Comiket 85 [Day 3]

January 23, 2014 12:26 pm
Petualangan Di Comiket 85 [Day 3]

Day 3 : The Last Day

Alarm diset pada jam 3 pagi, saya langsung bangun dan menelpon teman saya yang berada di kamar sebelah untuk bersiap-siap. Jam 3.30, kami sarapan, dan kemudian menunggu kereta yang datang pada jam 4.20.

Kereta yang kami naiki tidak terlalu padat, sampai akhirnya kami mengganti kereta di stasiun Osaki, menaiki kereta yang menuju Tokyo Big Sight, dan di sanalah keretanya mulai berdesak-desakan. Perjalanan hanya ditempuh mungkin sekitar 20 menit, tetapi dirasakan lama sekali, dikarenakan sesaknya kereta.

Sesampainya di stasiun Kokusai-Tenjijyou, semua orang langsung turun dan berlari naik ke gerbang keluar stasiun. Sekali lagi, desak-desakan dan dorong-dorongan dimulai.

IMG_2279

Keluar dari stasiun, saya langsung berjalan cepat ke baris akhir antrian. Kali ini saya mengincar untuk mengantri di West Hall 1-2, dan untungnya tidak terlalu banyak yang mengantri untuk masuk pada saat itu.

IMG_2309

Kebanyakan pengunjung di hari terakhir mengantri di East Hall, mungkin karena mereka sudah menyelesaikan kebutuhan di West Hall pada hari pertama dan kedua? Dan lagi, banyak barang-barang di Commercial Booths yang sudah habis atau stoknya tersisa sedikit.

Setelah memasuki West Hall dan membeli beberapa barang, saya kembali menuju ke East Hall.

Untuk kali ini, saya mencoba mengantri di salah satu Shutter Circle, dan menghabiskan waktu sekitar 40 menit untuk akhirnya sampai ke depan dan membeli doujin yang diinginkan dari circle tersebut, yang ujung-ujungnya malah kehabisan doujin dari circle-circle kecil.

IMG_2310

Setelahnya, saya hanya menghabiskan waktu mengelilingi beberapa circle sebisa saya, tetapi tetap saja, dengan jumlah circle sebanyak itu dan tempat yang amat luas tersebut, masih ada saja circle yang terlewat, ditambah lagi dengan badan yang kecapekan karena kurang istirahat selama 3 hari.

IMG_2284

IMG_2324IMG_2325

Kesan-kesan setelah mengikuti Comiket kali ini, yang juga merupakan Comiket pertama saya :

  • Dinginnya tak tertahankan.
  • Pengunjung yang sangat ramai dan antrian yang panjang juga membuat saya sangat lelah, ditambah lagi dengan barang bawaan yang berat, sangat menguras stamina.

Tetapi meskipun begitu, saya cukup puas karena akhirnya penantian saya selama beberapa tahun tercapai. Begitulah kira-kira kisah saya selama Comiket, semoga berguna bagi para orang-orang yang ingin mengikuti Comiket ke depannya.