Visual Novel “WORLD END ECONOMiCA” Karya Pengarang “Spice & Wolf” Lolos Steam Greenlight

January 23, 2014 3:20 pm
Visual Novel “WORLD END ECONOMiCA” Karya Pengarang “Spice & Wolf” Lolos Steam Greenlight

Belum seminggu semenjak pengumuman bahwa Sekai Project akan membawa visual novel WORLD END ECONOMiCA telah dimasukkan ke program greenlit yang ada pada platform distribusi game milik valve, Steam, kali ini telah diumumkan bahwa game tersebut telah lolos Steam Greenlit tersebut dan akan didistribusikan melalui platform tersebut.

Selain itu, Sekai Project juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan rilis tersebut dan telah mengambil beberapa keputusan baru setelah berkoordinasi dengan pengembang aslinya di Jepang, Spicy Tails*:

Masalah penerjemahan dan ui yang belum diterjemahkan dari rilis sebelumnya – Spicy Tails* telah merilis patch kepada para distributor dan beberapa distributor telah merilis patch tersebut pada situs mereka. Versi Steam akan menghadirkan perbaikan tersebut, tidak ada terjemahan baru.

Harga dan distribusi – Spicy Tails* berasal dari Jepang dan sebelum kolaborasi dengan Sekai Project mereka memiliki masalah dengan platform lain selain DMM dan MangaGamers. Dengan kolaborasi ini kami dapat merilisnya di berbagai platform namun saat ini kami fokus di Steam.

top0901

Terjemahan dalam Bahasa Selain Inggris – WORLD END ECONOMiCA episode.01 memiliki terjemahan dalam bahasa Perancis, namun sebagian hak dan kode program dimiliki oleh Kawasoft dan kami akan berdiskusi dengan mereka dan berharap bisa menghadirkan Bahasa Perancis sebagai bahasa pendukung. Selain itu juga ada versi bahasa Cina yang akan dirilis pada saat tahun baru Cina di Taiwan

Translasi Episode 2 dan 3 – Tadinya ada masalah mengenai proses translasi Episode 2 dan 3 dari game ini, namun situasinya sudah berubah. Spicy Tails* juga sudah memikirkan untuk juga mentranslasi Episode 2 dan 3, detil lebih lanjut akan diumumkan kemudian.

20130817102226

Proses rilis – Sekai Project mempertimbangkan opsi untuk memakai salah satu program Steam yaitu Steam Early Access untuk merilis gamenya agar para pemain dapat langsung memainkannya. Setelah Sekai Project menyelesaikan engine untuk Narcissu 1 dan 2, World End Economica juga dipertimbangkan akan diport menggunakan engine tersebut agar lebih mudah dimainkan dalam platform OSX/Linux/Smartphone.

Melihat poin-poin diatas nampaknya memang Sekai Project dan Spicy Tails* berkomitmen kuat untuk dapat membawa visual novel dengan kualitas rilis yang terbaik untuk asupan umum. Selamat untuk Sekai Project untuk keberhasilan Greenlight berikutnya!

Sumber: Crunchyroll