[Review] The Idolm@ster Movie – Kagayaki no Mukou Gawa He

January 27, 2014 6:00 pm
[Review] The Idolm@ster Movie – Kagayaki no Mukou Gawa He

“Mungkin ada cara yang lebih baik,
tetapi.. aku adalah Amami Haruka.
Meskipun aku sekarang adalah leader untuk para member ini,
tetapi sebelum seorang leader, aku adalah diriku sendiri, yang ingin berlari bersama semuanya sampai akhir.”

imas movie01

Haruka Amami – E- part cut no. 268- 271

The Idolmaster Movie – To The Other Side of The Sparkle

Para idol dari 765 productions melanjutkan perjalanan mereka yang tanpa akhir – Menuju panggung baru, menuju masa depan yang cerah dan berkilau!

Sudah waktunya bagi para gadis untuk menjalin perhabatan mereka lagi, dan melalui usaha disiplin besar, mereka melangkah menuju masa depan mereka yang penuh sinar. “THE IDOLM@STER MOVIE” dihadirkan kepada anda dengan episode yang benar-benar baru.

Ringkasan Cerita

[!!–SPOILER ALERT–!!]
Movie ini menceritakan kegiatan para idol dari 765 pro (namco production), di antaranya ada Miki yang akan debut sebagai bintang film Hollywood, sedangkan Chihaya akan melakukan rekaman di New York, untuk memperdalam kemampuan menyanyinya. Selain itu, Takagi Shachou mempersiapkan tempat baru bagi para idol untuk mengadakan konser, yaitu di Arena.

imas movie 03

Bersamaan dengan Arena Live, sang producer juga mempersiapkan beberapa member back dancer untuk mendampingi mereka di Live, dan menunjuk Amami Haruka untuk menjadi leader. Haruka berusaha untuk memenuhi ekspektasi Producer, meski dia sendiri agak ragu dengan kemampuannya.

imas movie02

Para back dancer yang akan berpartisipasi di Arena Live adalah para anak-anak sekolahan yang memiliki ambisi menjadi idol, di antaranya adalah Yabuki Kana, Kitazawa Shiho, Hakozaki Serika, Nanao Yuriko, Mochidzuki Anna, Yokoyama Nao dan Satake Minako.

imas movie 04

Untuk persiapannya, para back dancer dan para idol 765 pro menginap di salah satu penginapan di pinggir pantai untuk berlatih dan memperdalam kerjasama mereka. Bersamaan dengan latihan tersebut, mereka juga melakukan pesta barbeque, bermain kembang api, tanpa memperdulikan kedudukan sebagai senpai dan kouhai.

imas movie 05

Salah satu anak perempuan itu, Yabuki Kana, merupakan fans Haruka, bahkan ia sebenarnya ingin menjadi idol karena kagum dengan Haruka. Mengetahui hal tersebut, Haruka menyadari bahwa dirinya ternyata akhirnya menjadi suatu sosok yang dikagumi oleh orang lain.

imas movie 06

Akan tetapi, di saat mereka sedang melakukan pesta barbeque, tiba-tiba Producer mengatakan bahwa ia akan pergi ke Hollywood setelah Live ini berakhir, untuk mengasah dirinya, dan mengatakan bahwa Live ini akan menjadi pekerjaan terakhirnya sebelum ia berangkat ke Hollywood.

Mengetahui hal tersebut, semua orang yang mendengarnya langsung terkejut dan sedih, tetapi Haruka berhasil menenangkan semuanya dan mengatakan,”Kita harus melaksanakan live ini sebaik mungkin, sehingga producer bisa pergi ke Hollywood dengan tenang!”
Sekali lagi, para idol berhasil meraih kembali semangat dan motivasi mereka untuk mensukseskan Live ini.

Mendekati arena live, para back dancer diikut sertakan di dalam performance di acara TV namassuka revolution. Di sanalah kemudian satu kesalahan oleh salah satu back dancer, yaitu Kana, sehingga ia terjatuh di stage, yang menyebabkan dirinya kemudian masuk di dalam salah satu majalah gosip. Dengan adanya hal tersebut, ia akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri.

imas movie 07

Live semakin mendekat, tetapi masalah bermunculan satu demi satu, mampukah Haruka, sebagai seorang leader yang telah ditunjuk oleh producer, untuk mengatasi semua masalah yang berdatangan? berhasilkah Arena live yang telah mereka nanti-nantikan, dan telah dipersiapkan dengan susah payah oleh semua anggota?

IMG_3069

Pada tanggal 25 Januari 2014, diadakan perilisan idolm@ster the movie, yang telah dinanti-nantikan oleh para fans, yang akhirnya terwujud setelah kurang lebih 8 tahun berlalu sejak gamenya dirilis pada tahun 2005. Salah satu member JOI memutuskan untuk menonton film tersebut, dan menontonnya di Shinjuku Wald 9, salah satu bioskop di Shinjuku.

IMG_3068

Di bioskop ini juga dijual berbagai macam barang- barang edisi terbatas terkait perilisan movie ini, antara lain adalah poster, t-shirt, casing iPhone, dan juga pamflet yang berisikan sketsa, interview dengan para staff yang terkait dengan pembuatan movie ini.

IMG_3062

di cafenya, yang dinamakan Cafe Oase juga dijual beberapa menu khusus untuk movie ini, antara lain :

IMG_3065

limited edition 765 pro set, yaitu set popcorn dan minuman dengan harga 1100 yen, dengan bonus pin karakter SD idolm@ster

IMG_3074

limited edition drink, dengan kesempatan untuk memenangkan poster ukuran B2 dengan tanda tangan para pengisi suara, seharga 500 yen.

Impresi
Saya merupakan penggemar idolm@ster, dari jaman idolm@ster masih merupakan game, sampai akhirnya dijadikan anime. Satu kalimat yang pasti, saya amat PUAS dengan movie ini, bahkan ada beberapa adegan yang sangat menyentuh hati, yang membuat para penonton terharu pada saat menontonnya. (ya, saya mendengar beberapa orang di sekeliling saya sedikit menangis untuk beberapa adegan).

IMG_3072

Selain adegan-adegan yang menyentuh, juga banyak adegan yang memberikan servis ke penggemar, seperti perang pistol air dan juga berendam di bak mandi bersama-sama, sama seperti trailer-trailer sebelumnya.

Yang paling membuat saya terharu adalah pada saat penghabisan, mereka semua menyanyikan lagu baru yang khusus dibuat untuk movie ini, yang berjudul M@sterpiece.  Ini adalah pertama kalinya saya melihat performance Idolm@ster secara animasi, dengan kualitas yang tak kalah, mungkin melebihi konser sebenarnya, dengan animasi yang amat sangat bagus, bahkan dibandingkan dengan anime idol apapun yang telah saya tonton selama ini.

IMG_3073

Singkat kata, anime ini wajib ditonton bagi semua penggemar seri Idolm@ster.