CD Single Terbaru Lovelive VS CD Single Terbaru Idolm@ster : Siapa Yang Menang?

January 31, 2014 10:00 am
CD Single Terbaru Lovelive VS CD Single Terbaru Idolm@ster : Siapa Yang Menang?

Pada tanggal 29 Januari kemarin, CD single terbaru untuk idolm@ster dan Lovelive! dirilis pada bersamaan. Perilisan di hari yang sama ini menjadi salah satu kesempatan untuk membandingkan seri idol mana yang lebih unggul, dari segi penjualan.  Seri manakah yang akan menang? Sebelumnya mari kita lihat dahulu CD yang dirilis.

masterpiece

Single terbaru idolm@ster berjudul M@sterpiece,  lagu yang digunakan sebagai lagu penghabisan untuk The Idolm@ster Movie – Kagayaki no Mukou Gawa He, yang sempat menduduki peringkat 5 di Box Office, dan perlu diingat juga penjualan tersebut dicapai hanya dalam pemutaran 2 hari pertama.

CD ini dijual dengan harga 1.890 yen untuk versi CD + BD Audio (yang berisikan beberapa lagu yang digunakan di movie, dengan kualitas suara sejernih BD)  , sedangkan untuk versi CD dijual dengan harga 1.260 yen.

Tracklist :
CD
1. M@sterpiece – 765 Pro Allstars
2. Kimi ga Erabu Michi – Otonashi Kotori
3. M@sterpiece (Movie Version)
4. M@sterpiece (Original Karaoke)
5. Kimi ga Erabu Michi (Original Karaoke)

BD Audio
1. The Idolm@ster (Movie Version) – 765 Pro Allstars
2. Nemuri Hime – Kisaragi Chihaya
3. Shiny Smile – Amami Haruka, Ganaha Hibiki
4. Music ♪ (M@ster Version) – Amami Haruka, Kisaragi Chihaya, Miura Azusa
5. M@sterpiece (Movie Version)

*Lagu-lagu untuk BD Audio semuanya direkam dengan 3 channel, yaitu  5.1ch Sound Dolby TrueHD、5.1ch Sound Linear PCM、Stereo Linear PCM.

 

takaramonozu co

Sedangkan single terbaru Lovelive! berjudul Takaramonozu, lagu yang digunakan sebagai lagu orisinil untuk mobile game Lovelive! School Idol Festival. Track kedua untuk single ini, Paradise Live, juga merupakan lagu orisinil untuk game tersebut. Bagi para pembeli edisi pertama akan mendapatkan kode yang bisa digunakan untuk mendapatkan 3 kartu SR, dengan total 9 SR, sehingga terdapat 3 macam kode yang diselipkan secara acak.

Variasi Kode yang bisa didapatkan :

  • A : Kousaka Honoka, Nishikino Maki, Toujou Nozomi
  • B : Sonoda Umi, Koizumi Hanayo, Yazawa Nico
  • C : Minami Kotori, Ayase Eli, Hoshizora Rin

CD ini dijual dengan harga 1.200 yen, lebih murah dibandingkan dengan CD Idolm@ster.

Tracklist :
1. Takaramonozu
2. Paradise Live
3. Takaramonozu (Off Vocal)
4. Paradise Live (Off Vocal)

Perilisan kedua CD yang dilakukan bersamaan ini, seakan-akan seperti deklarasi perang antara dua anime idol yang paling terkenal saat ini. Idolm@ster, seri yang sudah ada sejak lama, yaitu sejak tahun 2005, melawan Lovelive!, seri yang tergolong cukup baru, yaitu sejak tahun 201o.. Pada akhirnya, siapa yang menang? Dapat kita lihat dari penjualan CD terbaru dari masing-masing seri.

Berdasarkan data peringkat harian dari Oricon, berikut adalah hasilnya (berdasarkan data tanggal 30 Januari 2014) :

daily ranking u's daily ranking masterpiece

Single terbaru Lovelive! berada di urutan kelima, sedangkan Idolm@ster berada di urutan keenam. Ya, Lovelive! mengalahkan Idolm@ster dalam penjualan CD, tetapi pastinya ada alasan tersendiri atas peringkat penjualan ini.

Salah satu alasannya adalah dengan adanya kode yang disertakan sebagai bonus dari CD Lovelive!, kemungkinan besar para pembeli tidak hanya membeli 1, tetapi membeli 3 CD sekaligus (saya melihatnya di depan mata saya sendiri), dan ya… saya sendiri membeli CD tersebut meski hanya sebuah.

Dalam masalah harga, CD Lovelive! ini juga lebih murah dibandingkan dengan CD idolm@ster, maka saya pikir mungkin ini menjadi salah satu alasan kenapa CD Lovelive! lebih banyak terjual, karena hal yang sama pernah terjadi untuk CD Idolm@ster Cinderella Girls yang harganya sangat murah dan berhadiah kode untuk kartu di dalam game Idolm@ster Cinderella Girls, bahkan pada saat itu sempat menduduki peringkat pertama di Oricon Chart.

Sebagai gambaran atas keadaan toko-toko di Jepang, berikut beberapa fotonya yang diambil dari Akibablog :

104

Gamers Akihabara – terjual habis, menunggu stok selanjutnya (saya melihatnya pada saat ada yang mengambil CD terakhir, kira-kira sudah habis sekitar pukul 15.00). Akan distok ulang pada awal Februari.

105

Akiba Sofmap – menunggu stok selanjutnya

106

Toranoana – terjual habis

108 109 110 111 112

Toko-toko lain dengan kondisi serupa.

Jadi, pada akhirnya siapa yang akan menang? Peringkat penjualan CD saat ini agaknya kurang tepat untuk dijadikan patokan, tetapi tingginya penjualan masing-masing CD menandakan adanya fanbase yang cukup besar untuk kedua seri tersebut. Masa depan untuk kedua seri ini juga masih panjang.

Idolm@ster akan merilis game terbarunya di platform PS 3, Idolm@ster One For All, sedangkan Lovelive! juga rencananya akan menayangkan anime season kedua, dan akan merilis game Vita, Lovelive! School Idol Paradise (dengan bonus Petit Nendoroid).

Bagaimana dengan kalian? anime Idol apakah yang kalian suka?

Sumber : Oricon via Yaraon, Columbia, Lovelive