Nintendo Akan Membentuk Tim Untuk Pengembangan Aplikasi Smartphone

January 31, 2014 12:00 pm
Nintendo Akan Membentuk Tim Untuk Pengembangan Aplikasi Smartphone

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, hari Kamis tanggal 30 Januari 2014 diadakan sebuah rapat untuk menentukan arah yang akan Nintendo ambil untuk meningkatkan profit perusahaan yang hilang di tahun-tahun sebelumnya. Walaupun Nintendo tidak akan membawa software lamanya ke smartphone, namun Satoru Iwata, Presiden Direktur Nintendo mengatakan bahwa mereka akan membuat sebuah tim yang didedikasikan untuk pengembangan apps yang bisa mempromosikan software Nintendo.

“Banyak orang yang mengatakan kalau kami merilis game Nintendo untuk gadget smart maka bisnis kami akan berkembang” Kata Iwata. “Namun, kami percaya bahwa kami tidak dapat menunjukkan kekuatan asli kami sebagai usaha hardware-software khusus, maka dari itu, akan sulit bagi kami untuk menjaga kestabilan bisnis tersebut dalam jangka menengah sampai panjang.”

ztc_mario-thumb ZTC 8898 dengan NES Games

“Namun, kami lebih suka untuk lebih secara langsung melebarkan bisnis kami ke dalam smartphone, bagaimana kami dapat menjalin hubungan yang lebih kuat dengan konsumen lewat smartphone sekaligus melebarkan sayap bisnis kami.” Kata Iwata “Namun, untuk menjalin hubungan yang kuat dengan konsumen, kami memerlukan mereka untuk berinteraksi dengan tawaran kami secara frekuentif. Memang bukan tugas yang mudah, dan untuk mencapainya, kami akan menggunakan sebuah tim kecil yang berisi para developer terpilih untuk melakukannya.”

“Kami tahu, untuk menarik perhatian konsumen dari jutaan apps di smartphone tidak mudah, dan seperti yang saya katakan sebelumnya, mengeluarkan game kami dalam media smartphone bukan cara terbaik untuk menampilkannya di gadget tersebut, maka kami tidak akan memikirkannya lebih lanjut” Iwata menambahkan.

android-gamepad

Dia melanjutkan: “Tetap saja, di dunia smartphone kami merasa kami tidak akan mendapatkan dukungan dari banyak konsumen kecuali kami berhasil memberikan sesuatu yang beda dan sangat bernilai bagi mereka, dan yang penting unik bagi Nintendo. Saya belum memberikan batasan apapun pada tim pengembang, mereka dapat melakukan apa saja bahkan untuk membuat game menggunakan karakter dari game sebelumnya.”

Iwata kemudian menegaskan bila ini bukan berarti Nintendo akan membawa game-gamenya ke dalam media smartphone.

“Kalau kamu memberitakan bahwa kami akan merilis Mario di smartphone, itu akan menjadi sebuah pernyataan yang menyeleweng,” Iwata kemudian mewanti-wanti “Tujuan kami adalah merilis aplikasi di smart gadget di tahun ini yang mampu menarik perhatian konsumen dan mengkomunikasikan nilai entertainment yang dapat kami tawarkan, maka kami mendorong anda untuk melihat bagaimana pendekatan kami (terhadap smartphone) akan berbuah.”

Sepertinya, kita dapat berharap bahwa walaupun mereka tidak membawa Pokemon ke dalam smartphone kita, namun mungkin mereka akan membuat game dengan semua karakter favorit kita dari berbagai macam game! Dan mungkin, Nintendo akan mengeluarkan Nintendo Smartphone Concept mereka!

Source: Siliconera