Kumpulan Komentar Pedas Hayao Miyazaki, Mulai Dari Amerika, iPad Hingga Kirimkan Katana

February 3, 2014 5:03 pm
Kumpulan Komentar Pedas Hayao Miyazaki, Mulai Dari Amerika, iPad Hingga Kirimkan Katana

Belum lama ini direktur animasi kenamaan, Hayao Miyazaki, menyuarakan komentar pedasnya terhadap industri anime saat ini. Sutradara terkenal dari Studio Ghibli yang baru saja pensiun ini memang terkenal beberapa kali pernah mengeluarkan komentar pedas lainnya, berikut beberapa komentar pedas yang pernah ia lontarkan.

Tidak Mau Mengunjungi Amerika Untuk Menerima Piala Oscar Karena Perang Irak

Patut diakui anime paling terkenal karya Studio Ghibli adalah Spirited Away, anime tersebut jugalah yang menghantarkan Miyazaki menerima piala Oscar untuk kategori Film Animasi Terbaik.

Miyazaki mengakui bahwa dia tidak menghadiri acara pemberian piala tersebut pada tahun 2003 di Amerika dikarenakan dirinya tidak ingin mengunjungi negara yang membom Irak. Seperti dikutip dari Los Angeles Times, saat itu Miyazaki berkomentar bahwa “Alasan aku tidak ada disini (Amerika) untuk Academy Award adalah karena aku tidak ingin mengunjungi negara yang membom Irak. Pada waktu itu produserku menyuruhku untuk diam dan tidak mengijinkanku untuk mengatakannya, tapi saat ini aku tidak melihatnya disini. Ngomong-ngomong produserku juga mempunyai perasaan yang sama soal itu.”

Namun Miyazaki menambahkan bahwa alasannya memutuskan untuk datang ke Amerika 6 tahun kemudian pada tahun 2009 adalah untuk menghargai persahabatannya dengan John Lasseter, Chief Creative Officer dari Pixar dan Disney. “Aku berpikir aku harus merespon persahabatanku dengan John Lasseter dan memutuskan untuk datang kali ini.”

Sekedar catatan, Lasseter dan banyak animator di Disney Pixar adalah penggemar Miyazaki, bahkan Lasetter pernah menuliskan bahwa mereka menggunakan film karya Miyazaki sebagai inspirasi dalam pembuatan film Toy Story. “Toy Story berhutang banyak terhadap film karya Miyazaki.”

Membandingkan Penggunaan iPad Dengan Masturbasi

Miyazaki bukan penggemar barang elektronik, bahkan dikatakan dia tidak memiliki komputer, mesin fax bahkan pemutar DVD. Ketimbang mengirimkan email dia lebih memilih untuk mengirimkan surat. Tidak hanya itu dia memberi komentar pedas terhadap tablet besutan Apple, iPad.

“Bagiku, tidak ada perasaan kekaguman atau ketertarikan apapun.” kata Miyazaki tentang iPad. “Itu (iPad) menjijikan. Di kereta, jumlah orang-orang yang melakukan gerakan aneh seperti masturbasi terus bertambah.”

Miyazaki juga merasa “muak” ketika semua orang di kereta mulai membaca manga dan ketika semua orang mulai menggunakan ponsel di kereta.

Mengirimkan Katana Sebagai Ancaman

Miyazaki tidak mengizinkan karyanya diedit apalagi dipotong, sampai-sampai ada rumor yang beredar ketika Harvey Weinstein dari Miramax Film menangani distribusi filmnya di Amerika, Miyazaki mengirimkan katana dengan pesan “No Cuts.

Ketika mendengar pertanyaan seputar hal tersebut pada wawancaranya dengan The Guardian, sutradara kenamaan tersebut tertawa. “Sebenernya produserku yang melakukan hal itu. Meskipun demikian aku pergi ke New York untuk bertemu dengan pria ini, Harvey Weinstein ini, dan aku dibombardir dengan serangan agresif, tuntutan untuk memotong (film).” Dia tersenyum. “Aku mengalahkannya.”

header: flickr