“Konsep Anak Bertumbuh Besar Dengan Petualangan Hanyalah Kebohongan Belaka” Kata Miyazaki

February 4, 2014 3:00 pm
“Konsep Anak Bertumbuh Besar Dengan Petualangan Hanyalah Kebohongan Belaka” Kata Miyazaki

Hayao Miyazaki is on a roll!  Untuk kalian yang percaya dengan Santa Klaus, Peri Gigi, Leprechaun, Gnomes dan barang-barang sebangsa Chucky lainnya, mereka itu ada kok, jangan takut, mereka akan selalu menemanimu di saat kamu gundah dan kesepian. Coba kamu periksa di belakang lemari bajumu, mungkin ada tuyul disana.

Now that the kids are gone, kita tidak mau merusak impian mereka kan? Setelah mengkritik pedas industri anime yang dipenuhi otaku dan juga komentar-komentar lainnya mengenai dunia global, mulai dari Amerika sampai iPad, Miyazaki kembali membuat pernyataan yang cukup, mengejutkan bagi kita semua.

miyazaki1

Dalam sebuah event yang merayakan 50 tahun usia penulis Rieko Nakagawa yang telah menjual buku best-seller di berbagai belahan dunia, Guri to Gura (Guri dan Gura), teman dan sesama artist Hayao Miyazaki mengatakan sebuah hal yang mencengangkan sebagai Hayao Miyazaki, yang sudah menciptakan animasi-animasi fantasi yang gemilang. Anak-anak tidak bisa dengan mudahnya pergi berpetualang dan kembali ke rumahnya lebih bijak dan dewasa, itu semua hanyalah kebohongan.

guri

Dengan sebuah pidato yang dibuat untuk 800 undangan, Miyazaki memuji tinggi hasil karya Nakagawa yang ditujukan kepada anak kecil tersebut, dan mengekspresikan kebahagiaannya dapat bekerja seangkatan dengannya. Dalam pidato tersebut, beliau mengemukakan pendapatnya tentang perjalanan seorang anak menuju kedewasaan.

“[Ide tentang] Seorang bocah yang pergi berpetualang dan tiba-tiba menjadi sangat bijaksana dan dewasa saat pulang kembali itu bohong, tidak mungkin. Aku merasa sangat beruntung pernah bekerja di era yang sama dengan Nakagawa, yang hasil karyanya dapat menyampaikan pesan kepada anak-anak bahwa menjadi dewasa tidaklah mudah”

mv5bmjyxmdcymziznl5bml5banbnxkftztywndg2mdu3-_v1_sx640_sy720_

Kami yakin kalau Miyazaki selalu berkarya dengan penuh kesadaran, bahwa karyanya merepresentasikan kehidupan asli, tapi kami juga yakin kalau banyak fansnya yang akan merasa sedih dengan kata-kata realistisnya dan mengetahui bahwa pencipta karya seperti Spirited Away, dimana sang protagonis Chihiro tumbuh dari seorang anak perempuan penakut menjadi seorang anak perempuan yang pemberani dan dewasa melalu perjuangan dan kerja kerasnya, pernah mengatakan kalau konsep tersebut tidak bernilai apa-apa layaknya fiksi.

Pak Miyazaki, kami menganggap anda ini seperti Gandalf yang tinggal di rumah yang terbuat dari awan dan permen! Setidaknya tolong biarkan kami mengkhayal kalau sihir itu ada!

Source: Rocketnews
Header Image: via evilgeeks