10 Seiyuu yang Bisa bahasa Inggris

February 5, 2014 6:55 pm
10 Seiyuu yang Bisa bahasa Inggris

Buat kalian penggemar anime pasti sudah sering melihat tulisan atau perkataan Engrish di berbagai macam anime. Sebagian dari kalian juga mungkin tahu bahwa hampir  semua orang Jepang itu tidak bisa bahasa Inggris. Hal ini tentunya juga berlaku terhadap para seiyuu yang mengisi suara di anime.

Tetapi ternyata di antara mereka, terdapat beberapa seiyuu yang pandai bahasa Inggris. Mereka pandai karena berbagai alasan seperti pernah homestay di luar negeri atau memang suka bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian yang singkat, saya berhasil menemukan  sepuluh orang seiyuu yang bahasa Inggrisnya lumayan jago. Siapa saja mereka?

Sawashiro Miyuki

Sawashiro Miyuki

Seiyuu yang terkenal dengan nama panggilan Miyukichi ini pernah mendapatkan penghargaan Overseas Fan’s Choice Award di Seiyuu Award kelima pada tahun 2010. Ketika menyampaikan pidatonya, Miyukichi menggunakan bahasa Inggris. Dan dalam Anime Expo 2011 yang berlangsung di Los Angeles, Miyukichi mengatakan bahwa dia belajar bahasa Inggris dari kuliah dan ketika homestay di Pennsylvania.

Hayami Saori

Hayami Saori

Hayami Saori memang tidak pernah terlihat menggunakan bahasa Inggris. Tetapi ketika menyanyikan character song untuk The World God Only Knows (Kami nomi zo Shiru Sekai), ada satu lagu yang menggunakan line bahasa Inggris. Setelah itu, dia pun diminta untuk menjadi vokalis lagu opening untuk season ketiga The World God Only Knows. Dari kecil, seiyuu dengan nama panggilan Hayamin ini memang hobi menyanyi dan dia sering menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris.

Ohara Sayaka

Ohara Sayaka

Seiyuu yang terkenal mengisi suara Erza di Fairy Tail ini sering mendapatkan peran ibu dalam berbagai anime karena tipe suaranya. Saya cukup kaget ketika menonton episode pertama Kiniro Mosaic karena ibu Alice yang diperankan oleh dirinya berbicara bahasa Inggris dengan bagus, meski hanya satu kalimat saja. Ternyata seiyuu ini adalah lulusan dari sastra Inggris dari kampusnya.

Kakihara Tetsuya

Kakihara Tetsuya

Seiyuu ini cukup terkenal di kalangan fujoshi dengan nama panggilan Kakki. Dia ini sebenarnya dilahirkan dan dibesarkan di Jerman, oleh karena itu dia pandai bahasa Jerman dan mengisi suara untuk keempat Device di Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A’s. Tentunya selain bisa bahasa Jerman, dia juga bisa bahasa Inggris.

Asakawa Yuu

Asakawa Yuu

Seiyuu yang terkenal menyumbangkan suaranya untuk Megurine Luka ini memang ahli bahasa Inggris. Dia pun sering menulis dengan menggunakan bahasa Inggris dalam akun Twitter-nya agar bisa berbicara dengan fans di luar Jepang. Mungkin ini alasan kenapa dia jadi sering diundang ke berbagai anime convention di luar Jepang.

Touyama Nao

Touyama Nao

Seiyuu yang debut sebagai Nakagawa Kanon di The World God Only Knows ini memiliki tingkat Eiken (seperti TOEFL di Jepang) Grade Pre-1 yang setara dengan guru bahasa Inggris. Dalam event Kiniro Mosaic, Touyama Nao mengungkapkan dalam wawancara bahwa ayahnya adalah orang yang lama tinggal di luar Jepang yang kemudian pulang ke Jepang. Karena itu, sejak kecil ayahnya selalu berbicara dengan bahasa Inggris, sedangkan ibunya selalu berbicara dengan bahasa Jepang.

Kaida Yuki

Kaida Yuki

Seiyuu senior yang mengisi Kurapika di Hunter x Hunter versi lama ini adalah lulusan dari universitas internasional Amerika yang berada di San Diego. Karena keahliannya ini, dia memerankan Angela dalam season kedua Genshiken versi tahun 2007.

Horikawa Ryou

Horikawa Ryou

Seiyuu senior yang terkenal mengisi suara Hattori Heiji di Detective Conan ini memiliki tingkat Eiken Grade Pre-1. Ternyata dia pintar bahasa Inggris karena waktu SMP, ada siswa pertukaran pelajar yang tinggal di rumahnya.

Mimori Suzuko

Mimori Suzuko

Seiyuu yang mulai terkenal melalui Milky Holmes ini sekarang sudah memiliki banyak fans, terutama sejak ikut menjadi anggota Love Live!. Dia pernah bergabung dalam event show Tokyo Disney Sea yang berjudul Mickey’s Dream Company (Mickey no Dream Company). Dikatakan bahwa seiyuu yang pernah berpengalaman dalam karya Disney biasanya bahasa Inggrisnya cukup pandai.

Takano Urara

Takano Urara

Seiyuu yang terkenal mengisi suara Maria Tachibana di Sakura Taisen ini sekarang adalah representative director untuk agensi talenta Remax. Terpengaruh kakaknya, waktu kecil dia sering membaca koran bahasa Inggris untuk anak-anak. Ketika duduk di bangku SMP kelas dua, dia melihat iklan dalam koran bahasa Inggris, dan pergi sendirian ke Amerika untuk homestay selama satu bulan. Dan ketika duduk di bangku kelas tiga SMA, dia pindah ke junior college di Australia.

Semakin banyak seiyuu yang bisa bahasa Inggris sebenarnya bagus karena selain mengurangi Engrish dalam anime, hal ini membuka kesempatan makin banyak seiyuu yang datang ke berbagai macam anime convention yang berada di luar Jepang.

Meski begitu, masih banyak seiyuu yang kurang pandai bahasa Inggris. Tetapi mungkin tidak ada yang separah Taketatsu Ayana.