Ternyata 14 Februari Bukan Hanya Milik Valentine Saja, Sambutlah Hari Fundoshi!

February 8, 2014 3:15 pm
Ternyata 14 Februari Bukan Hanya Milik Valentine Saja, Sambutlah Hari Fundoshi!

Di Jepang, sudah menjadi rahasia umum bahwa tanggal 14 Februari adalah sebuah hari suci dimana pertemuan dua insan lelaki dan wanita (well, bisa juga sejenis sih, tergantung selera) yang sama-sama merayakan hari buka-bukaan yang cukup intim ini.

Ya, ini adalah waktu yang spesial bagi sebuah negara yang akan merayakan hari celana dalam tradisionalnya, yang kita kenal dengan nama fundoshi! Bersiaplah untuk memamerkan sedikit kulitmu karena banyak yang akan kalian lakukan pada hari ini untuk menghargai celana dalam nenek moyang dari g-string, thong dan t-back ini.

hundoshi

Hari Fundoshi berasal dari plesetan pembacaan tanggal ‘2/14’ oleh Asosiasi Fundoshi Jepang (ada ya??) yang memiliki misi memperluas penggunaan Fundoshi dan menyelamatkannya dari kepunahan. Mereka memiliki target untuk menghasut “120 juta orang memakai fundoshi” pada tahun 2022.

Fundoshi adalah sehelai kain yang kamu balutkan di bagian selakangan dan diikat pada sisi-sisinya. Bagian belakangnya akan menyelip ke sela-sela bokongmu dan membuatnya tampak seperti thong (bagus dilihat pada wanita, bencana bila dilihat dipakai lelaki).

samurai_putting_on_fundoshi_loincloth

Sebelum Perang Dunia Kedua, fundoshi adalah celana dalam pilihan bagi warga Jepang, pimpinan fashion terdepan karena kekuatan ‘penopang’nya dan kehangatannya. Namun setelah kedatangan budaya barat, pilihan celana dalam tiba-tiba berubah secara drastis menjadi celana dalam segitiga dan boxer.

Banyak orang yang mendapat pencerahan tentang fundoshi saat berpartisipasi di Festival Tanpa Busana. Sebuah ‘pesta’ berlari selama 90 menit menyeberangi sebuah danau dan mendaki bukit di suhu dibawah 0 derajat dan tanpa busana apapun selain sehelai fundoshi.

Kedua lelaki tersebut menemukan sebuah ikatan dan semangat yang luar biasa. Yoshio mendeskripsikan perasaan memakai fundoshi sebagai perasaan celana dalam yang mengetat seperti samurai di jaman dulu sebelum bertarung. Memakai boxer sudah tidak cukup baginya, walaupun jelas-jelas boxer jauh lebih mudah bila anda ingin buang hajat di toilet.

Dia menyarankan untuk memberinya sedikit bumbu menjadi “fundoshiiing” dan memasarkannya sebagai cara untuk mengakhiri memperdalam pertemanan atau yang dia bilang “fundomodachi“.

Bersama “fundomodachinya“, Yoshio bahkan mencoba melakukan promosi dengan mencoba mengetes kecepatan koneksi internet iPhone mereka dengan penyedia layanan seluler lain yang ada di sekitar dengan hanya memakai fundoshi. Entah apakah lebih cepat mana, fundoshi menyalurkan sinyal atau memanggil polisi dengan tuduhan busana asusila di area publik.

hundoshi4

Asosiasi Fundoshi Jepang pun juga sudah bekerja keras dalam mempromosikan celana dalam favoritnya ini sambil memuji-muji kenyamanannya. Pada tanggal 31 Januari kemarin, mereka mengadakan Penghargaan Pemakai Fundoshi Tahunan kedua yang diberikan kepada selebriti yang telah mengenakan dan ikut mempromosikan budaya fundoshi.

Apa yang spesial dengan pemenang tahun ini katamu? Kamu tidak ingin melihat bagian belakang lelaki? Jangan takut karena ternyata pemenang tahun ini mencakup peserta wanita juga.walaupun wanita jarang terlibat dengan fundoshi tapi pembawa berita NHK, Miki Sumiyoshi dan seorang model Mitsu Dan, keduanya berhasil memenangkan penghargaan tersebut

award

Miki Sumiyoshi menyabet penghargaan utamanya, sedangakan Mitsu Dan, memenangkan perhatian online karena balutan fundoshinya saat acara ulang tahunnya di Restoran Robot. Selain mempropagandakan kalau fundoshi terlihat bagus di tubuh wanita, Mitsu Dan juga memberikan informasi mengapa fundoshi bagus untuk kesehatan wanita.

Menurut Dr. Asako Yamada, Direktur Klinik Proktologi, pakaian dalam wanita modern bisa jadi terlalu mengekang dan menganggu sirkulasi (darah). Fundoshi yang keketatannya bisa diatur membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk kesehatanmu.

app

Akhirnya pada tanggal 13 Februari, hari perencanan untuk acara Hari Fundoshi mencakup banyaknya pembicara tamu, dan aktivitas yang berkaitan dengan fundoshi bersama tamu rahasia di Odaiba, Tokyo. Acara tersebut juga menjadi perilisan aplikasi smartphone baru yang bisa memasang fundoshi kepada siapapun dan dimanapun.

Jadi, lupakanlah coklat saat valentine, dan mulailah bersenang-senang dengan fundoshi!

Source: Rocketnews
Header Image: Danbooru