Kunjungan Spesial JOI ke Kantor TeamLab Jepang

February 13, 2014 1:39 pm
Kunjungan Spesial JOI ke Kantor TeamLab Jepang

Pada hari Senin tanggal 10 Februari 2014, tim JOI mendatangi kantor TeamLab, terletak di Tosetsu Hongo Bldg. 5F, 1-11-6, Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, JAPAN, 113-0033, tidak jauh dari stasiun Suidobashi.

Apa itu TeamLab?

TeamLab adalah suatu grup yang terdiri dari berbagai macam orang dengan spesialisasi di masing-masing bidang yang berbeda, seperti Graphic Designers, IT Engineers, Artists, Mathematicians, CG animators, Web designers, dan lain-lain, dengan tujuan untuk membuat penemuan-penemuan baru yang hanya bisa diwujudkan dengan perpaduan antara berbagai macam ilmu tersebut.

Pada saat naik ke lantai 5, di depan lift terdapat monitor ukuran besar dengan berbagai macam nama dan foto divisi Team Lab. Dengan cukup sekali sentuhan akan membawa kita ke informasi detil tentang orang yang ingin kita temui. Setelah menekan tombol memanggil, kita akan diinstruksikan lebih lanjut dimana kita bisa menemui orang tersebut.

Kami bertemu dengan perwakilan dari TeamLab yang kemudian menjelaskan kepada kami beberapa proyek yang TeamLab tangani. Kebanyakan proyek yang ditangani oleh mereka adalah proyek-proyek yang berhubungan dengan seni, terutama di luar Jepang, sedangkan di dalam Jepangnya sendiri lebih condong ke IT solution.

Beberapa contoh inovasi mereka dapat dilihat di bawah ini:

Maidreamin cabang Shibuya adalah sebuah Digitized Cafe & Bar. Segala sesuatu yang terdapat di dalam kafe tersebut dihubungkan dengan jaringan. Konsep yang ingin diusung adalah agar membuat para pelanggan yang datang merasakan seakan-akan masuk ke dalam dunia game.

Digitized Block Light, lampu-lampu berbentuk kotak yang terdapat di langit-langit dapat berubah warna sambil mengeluarkan suara hanya dengan diketuk seperti layaknya Mario memukul balok-balok. Selain itu, apabila kalian perhatikan, layar di dinding juga ikut bereaksi pada saat Block Light disundul, itulah yang dinamakan dengan

Digitized Display. Selain bereaksi pada saat Block Light dipukul, mereka juga bereaksi pada saat ada makanan atau minuman yang siap dihidangkan. Para maid versi chibi di layar tersebut akan mengatakan hal yang berbeda-beda tergantung hidangan yang disajikan.

Digitized Trampoline adalah sebuah trampolin yang mengeluarkan efek suara “pyon-pyon” seperti layaknya efek suara di komik. Salah satu yang menarik lagi adalah

Digitized Stage, yang akan membuat Digitized Display bereaksi dengan menampilkan para maid versi chibi yang akan menari mengiringi maid yang sedang menyanyi di atas panggung.

Yang terakhir adalah Digitized Wall, yaitu dinding yang terdiri dari emoticon yang sering digunakan oleh para maid dan disatukan menjadi gambar-gambar.

Karya TeamLab yang cukup menarik menurut saya adalah Taichi Saotome Special New Year Performance, Dragon and Peonya : Sword Dance and Shadowgraph. Penampilan dari Taichi Saotome yang seakan-akan bertarung dengan bayangan amat memukau para penonton. Bayangan yang menjadi lawannya juga diperankan oleh beliau.

Pada waktu APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) tahun 2010, TeamLab juga membuat animasi tulisan APEC 2010 yang ditaruh di depan pintu masuk dengan monitor berukuran 20 meter.

Salah satu proyek TeamLab yang bahkan sempat dimuat di Straits Times, media terbesar di Singapura dan diletakkan di halaman awal, adalah acara seni kontemporer yang bernama Singapore Bienalle 2013. TeamLab membuat sekitar 50 layar interaktif yang menampilkan animasi berbagai macam orang dan binatang yang memainkan alat musik yang berbeda-beda dengan tempo yang juga berbeda-beda. Tetapi mereka bereaksi dengan tepukan tangan atau hentakan kaki pengunjung yang akan membuat mereka memainkan alat musik secara bersamaan. Maka dari itulah karya ini dinamakan “Peace Can Be Realized Even Without Order

uniqlo happy

IMG_0657_R

Tidak hanya di Jepang dan di luar negeri lainnya, ternyata mereka juga mengerjakan proyek di Indonesia yaitu Uniqlo Happy Gift (atau dikenal juga dengan Uniqlo Happy Camera). Ini adalah aplikasi kamera interaktif yang sempat dipasang di Uniqlo Indonesia yang terletak di LOTTE Shopping Avenue pada tanggal 18 Maret – 16 Juni 2013. Aplikasi ini langsung otomatis mengunggah foto-foto ke halaman facebook Uniqlo Indonesia.

asia trend map
TeamLab, bekerjasama dengan METI dan juga tim riset dari Todai juga membuat apa yang dinamakan dengan Asia Trend Map, suatu peta yang menganalisa tren pop culture di berbagai macam negara berdasarkan dengan twitter, Wikipedia, dan mesin pencari. Kalian bisa lihat sendiri Asia Trend Map tersebut disini. Tujuan dari Asia Trend Map ini adalah untuk digunakan para pelaku bisnis di Jepang  melihat seri atau produk apa yang saat ini sedang terkenal di berbagai macam negara.

tokyu marui

Selain Asia Trend Map, Team Lab juga terlibat dalam pengerjaan beberapa website seperti OIOI dan Tokyu Hands.

team lab 00 team lab 01

Sebelum pulang, JOI sempat mencoba beberapa aplikasi interaktif seperti kamera, yang hasilnya langsung diunggah ke halaman facebook TeamLab Camera.

Bagi kalian yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai TeamLab dapat mengunjungi situs resmi, halaman facebook, atau twitter mereka.

Untuk melihat lebih jelas berbagai macam kreasi TeamLab, kalian dapat mengunjungi channel Youtube TeamLab.

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar TeamLab, terutama seputar Asia Trend Map yang saat ini sedang disempurnakan, silahkan disampaikan di kolom komentar di bawah.