[Wonder Festival 2014 Winter] Banjir Kancolle di Wonder Festival!

February 13, 2014 12:30 pm
[Wonder Festival 2014 Winter] Banjir Kancolle di Wonder Festival!

Tidak perlu ditanya lagi, Wonder Festival kali ini kebanjiran seri Kantai Collection, ternyata bukan hanya makanan saja yang mereka ambil alih, tapi banyak perusahaan figure mereka ambil hatinya dan membuatnya sukses mendominasi lemari pajangan di Wonder Festival 2014 Winter ini. Bila dihitung, sudah ada 40 item sendiri hanya untuk satu seri ini saja.

Kebanyakan figure yang dijual adalah PVC figure, dan sepertinya masing-masing berlomba untuk menjadi yang pertama dalam menghasilkan figure karakter-karakter ini. Namun tidak hanya disitu saja, ada juga figure yang memiliki sendi, ada juga yang charm/gantungan kunci saja, dan bahkan sebuah perusahaan figure membuat stand untuk smartphone! Sungguh persaingan yang tidak sehat, bagi dompet kolektor.

Good Smile Company

GSC Kancolle

Pertama-tama, dimulai dengan perusahaan figure besar GSC, GSC mengeluarkan beberapa PVC figure wanita-wanita seperti Shimakaze, Musashi dan Wo-Class (walau saya tidak yakin soal yang ini). Namun mereka juga membuat PVC figure dari Rensouhou-chan, turret yang setia menemani Shimakaze.

dsc_0040 Nendo Kancolle

Dari lini Nendoroid, sejumlah gadis Kancolle dimunculkan, termasuk salah satu favorit saya, Kaga ♥. Namun sayangnya kebanyakan masih berupa gambar saja dan ada kemungkilan MIA. Namun setidaknya, Kongou sudah dibuat dan dipamerkan, setidaknya memastikan Hiei juga akan dibuat. Kemungkinan juga akan disusul oleh Haruna dan Kirishima karena biasanya mereka selalu datang sepaket. Selain itu dipamerkan juga Nendoroid Kancolle lain yang akan dirilis sebentar lagi, Shimakaze dan Akagi.

Max Factory

 kongou 1 8 mfMF kancolle

Max Factory sepertinya tidak mau kalah, dengan mengeluarkan Kongou – Battle Damage version terlebih dahulu menampilkan Kongou dari sisi yang paling ingin dilihat oleh kaum Adam. Tidak hanya Kongou, Yamato pun dibuat dengan sangat, amat baik sampai membuat saya galau apakah saya harus merogoh kocek lagi untuknya nanti. Selain Kongou dan Yamato, kapal selam I-168, I-19 dan I-58 kesemuanya juga akan dibuat dengan versi yang juga cukup menantang, good job MF.

Figma Kancolle

Lini action figure milik MF, Figma memamerkan figma Akagi yang akan menemani Nendoroidnya yang keluar terlebih dulu. Kemudian mereka juga mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan figma duo Nagato dan Mutsu yang sepertinya, duo ini cukup terkenal di antara para pembuat figure di WonFes tahun ini.

Phat Company

Phat Kancolle

Phat Company tidak tanggung-tanggung mengeluarkan 11 figure sekaligus! Walaupun kebanyakan masih dalam tahap gambar saja, hanya 1 yang sudah dibuat prototypenya, namun tetap ambisi mereka patut diacungi jempol. Phat mengeluarkan 4 PVC yang terdiri dari Shimakaze, Yuudachi, Zuihou dan Shigure. Kemudian mereka juga mengeluarkan banyak karakter dalam lini Medicchu, yang keluar dalam lini ini adalah Mutsu, Hikoujou Hime, Akitsumaru, Yukikaze, Zuihou dan Mogami. Terakhir dari lini Parform, Phat akan merilis Yudacchi.

Penguin Parade

mutsu kancolle penguin parade nagato kancolle

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Mutsu dan Nagato sepertinya cukup populer, Penguin Parade akan mengeluarkan keduanya sekaligus dan mungkin dalam waktu dekat. Karena sudah ada prototype dari keduanya yang dipajang di lemari pajangannya.

Freeing

I-168

Mungkin Freeing hanya membuat 1 PVC figure saja, dan itu adalah kapal selam I-168, namun jangan terkecoh dengan kuantitas, tapi pikirkan kualitasnya. Karena PVC ini akan berskala 1/4! Bahkan Freeing menuliskan sesuatu seperti “1/4 scale big volume” dalam gambar promosinya. Kalau kamu menginginkannya, ada baiknya kamu mempersiapkan tempat untuknya mulai dari sekarang.

Bandai

agp nagato yamato agp2

Bandai? Ya, Bandai. Bandai memang terkenal dengan figure mecha dan tokusatsu, namun akhir-akhir ini mereka memang sedang gencar-gencarnya mempromosikan lini AGP (Armor Girls Project) mereka dan Kancolle pun bukan sesuatu yang akan mereka lewatkan begitu saja. Sambutlah Yamato dalam wujud AGPnya! Terlihat sangat menjanjikan bukan? Mari kita harap Quality Control Bandai tidak sedang mabuk atau kekurangan darah.

Ques Q

kirishima ques q ques q nagato ques q shimakaze

Pabrik Figure Ques Q tak mau kalah dengan yang lain, mereka memamerkan PVC Kirishima, Nagato dan Shimakaze, yang semuanya sudah memiliki bentuk protoype. Mereka juga akan membuat Kongou dan Tenryu namun sayangnya keduanya masih dalam tahap gambar saja. Perang kecepatan sepertinya tetap akan berlangsung diantara para pabrik ini.

Pulchra

Pulchra Kancolle

Sebuah perusahaan figure yang baru memulai langkahnya dalam dunia figure ini sepertinya ingin bermain aman dengan menjual figure-figure Kancolle, dan lucunya mereka mengisi ruang pasar yang memang belum disentuh oleh siapa-siapa. Sebagai contoh mereka mengeluarkan stand smartphone dengan karakter Shimakaze, Yamato, Kongou dan lain-lain sebagai pajangannya. Namun bukan berarti mereka tidak akan menjual PVC figure karena mereka juga akan merilis Ikazuki, Inazuma, Kagerou dan Shiranui dalam waktu dekat.

Aquamarine

Aquamarine Kancolle

Aquamarine memiliki strategi yang berbeda, di saat perusahaan lain sibuk mengeluarkan wanita-wanita seksi, mereka malah memfokuskan kepada Rensouhou. Mulai dari yang kecil untuk strap smartphone, Rensouhou besar seukuran PVC Figure, mereka bahkan membuat diorama Rensouhou. Sedangkan PVC Shimakaze dan Yukikaze masih dalam bentuk gambar saja.

Other

Other Kancolle

Selain perusahaan-perusahaan diatas, perusahaan lain yang membuat figure Kancolle termasuk Aoshima dan Beat. Aoshima akan membuat Kitakani dan Naka sedangkan Beat akan membuat Naka dan Sendai.

Garage Kit

 103 103g 102 503c 603d

Garage Kit adalah sebuah model yang dibuat dari resin dan harus disusun dulu sebelum mencapai hasil jadinya, biasanya yang memproduksi garage kit adalah amatir, baik perusahaan maupun perseorangan. Namun bukan berarti hasilnya tidak bagus, coba lihat saja Yamato dan Shimakaze buatan mereka, tidak kalah dengan buatan GSC bukan? Begitu pula dengan Atago dan Nagatonya, tidak lupa chibi-chibi Akagi dan Kaga yang menyerupai Petit. Bila kalian ingin melihat lebih banyak lagi Garage Kit Kancolle, silahkan kunjungi link ini.

Saya yakin masih banyak lagi figure-figure Kancolle yang belum kita lihat, dan mungkin yang saya perlihatkan disini hanya ujung gunung es-nya saja, masih banyak yang sebenarnya sudah ada namun belum terdokumentasi. Namun apapun alasannya, Kancolle berhasil mendominasi Wonfes kali ini mengalahkan pesaing terberatnya, Shingeki no Kyojin.

Bagaimana dengan kalian? Apakah ada yang sudah mulai meratapi dompetnya masing-masing?

Source: Myfigurecollection AnimeNewsNetwork