Anime Tidak Boleh Memakai Kata “Olimpiade”!

February 20, 2014 3:22 pm
Anime Tidak Boleh Memakai Kata “Olimpiade”!

Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2020 nanti seperti yang sudah ditentukan. Industri anime dan manga pun tidak melewatkan kesempatan ini untuk membuat berbagai proyek yang berkaitan dengan olimpiade. Sutradara Shinji Takamatsu adalah salah satunya.

Tapi sutradara yang terkenal dengan Gintama dan Gundam Wings ini menyebutkan bahwa dewasa ini, anime sudah tidak boleh lagi memasukkan kata “olimpiade” dalam dialog, meskipun ia menambahkan bahwa ia mungkin akan mengumumkan proyek yang berkaitan dengan itu Senin nanti.

c705e38a7ccc835ed72c03b15f5aed67

“Hingga dekade lalu, kami masih bisa memakai dialog “olimpiade”. Namun akhir-akhir ini kami tidak boleh memakainya.”

Ia menjelaskan bahwa kata “olimpiade” dan simbol 5 cincin yang ada sudah didaftarkan sebagai hak cipta milik Komite Olimpiade Internasional. Ditambahkan juga bahwa Kapten Tsubasa sampai harus merubah nama menjadi “Liga Internasional” daripada “Piala Dunia” dalam kasus yang mirip. Mungkin industri anime harus mencari kata pengganti yang cocok.

Terakhir kali anime Jepang menggunakan kata itu adalah pada saat booming anime olahraga tahun 1989. Namun saat ini panggunaan kata itu berisiko menimbulkan masalah pelanggaran hak cipta yang serius. Pertama kali masalah ini muncul adalah saat Kochikame menggunakan nama Olympic Otoko dalam karyanya.

Sumber: ANN
Gambar: Header, insert