Luasnya Lautan Manusia di “Festival Telanjang” di Jepang

February 20, 2014 6:00 pm
Luasnya Lautan Manusia di “Festival Telanjang” di Jepang

Festival di Jepang ada bermacam-macam, dari yang biasa kita lihat di anime seperti festival sekolah, festival musim panas, bon odori, dan lain-lain. Namun tidak berarti Jepang juga lepas dari festival yang aneh seperti misalnya hadaka matsuri ini.

Hadaka Matsuri (裸祭り) secara literal memang berarti festival telanjang, dan salah satu festival telanjang terbesar baru saja diadakan di Okayama, Jepang. Yuk, kita intip seperti apa festivalnya!

nfest1

Para peserta lelaki di festival telanjang ini tidak sepenuhnya telanjang, namun mereka memakai fundoshi, celana dalam Jepang yang begitu dicintai, bahkan dibuat hari besarnya yang menyamai status hari Valentine. Dengan fundoshi ini mereka berharap untuk mendapatkan peruntungan di festival dengan menangkap tongkat suci dan barang-barang keberuntungan lainnya.

nfest2

Beberapa lelaki terlihat memakai fundoshi yang ketat. Maaf bila ada yang kena kanker mata. Harap diingat bila di Jepang menunjukkan badanmu bukanlah sesuatu yang memalukan, lumrah malah. Karena mereka terbiasa mandi bersama di pemandian air panas dan ofuro, baik bersama keluarga, rekan kerja, bahkan orang asing sekalipun.


https://twitter.com/umekanyon/status/434673867475271680

Festival telanjang ini namun adalah salah satu festival paling aneh yang pernah ada di Jepang dan diadakan di balik kuil Buddha dan kuil Shinto. “Benar-benar festival yang aneh” tulis salah satu pengguna twitter di Jepang.


https://twitter.com/mokomomoko33/status/436052176972959744

Pengguna twitter lain menambahkan “Aku datang ke festival tersebut, jijik, benar-benar menjijikkan. Aku ketagihan“. Namun tidak sedikit orang yang menjawab dengan “menyenangkan” atau “keren!” di twitnya masing-masing.

nfest4 nfest 5

Festival telanjang di kuil Saidai-ji sudah dimulai sejak 500 tahun yang lalu dan adalah yang terbesar di Jepang. Menurut Japan National Tourism Organization, 9000 orang biasanya berpartisipasi tiap tahunnya. Berarti kamu akan melihat sekitar 9000 pasang bokong pada hari itu. Tertarik?

Source: Kotaku