Kunjungan JOI Ke Studio NHK World

February 24, 2014 12:30 pm
Kunjungan JOI Ke Studio NHK World

Pada hari Rabu, tanggal 12 Februari 2014, salah satu crew JOI bersama dengan para Cofesta Ambassador mengunjungi studio NHK World dalam rangka melihat fasilitas yang digunakan oleh mereka. Kunjungan ini diakhiri oleh syuting untuk acara musik J-MELO yang kebetulan pada hari itu dilakukan syuting untuk FLOW.

DSC03463

Para ambassador berkumpul di depan pintu masuk barat NHK World pada pukul 17.00 dan pada pukul 17.20, kami langsung naik ke lantai 7 yaitu studio tempat syuting NHK World Newsline.

DSC03471

DSC03477DSC03489

Pada saat itu mereka kebetulan sedang on-air untuk acara berita sore. Setelah selesai, kami diperbolehkan untuk masuk ke dalam studio. Di sana kami melihat perangkat-perangkat yang digunakan oleh mereka.

DSC03490DSC03499

Setelahnya, kami turun ke lantai 6 dimana terdapat kantor untuk NHK World Radio Japan. Di sana terdapat banyak meja yang masing-masing merupakan perwakilan dari masing-masing negara.

DSC03500

Meja untuk staff radio NHK World berbahasa Indonesia. Sayangnya karena keterbatasan waktu, saya tidak sempat berbincang-bincang dengan mereka.

DSC03502

Kemudian kami naik ke lantai 9, berkumpul di suatu ruangan, dan kemudian dijelaskan lebih lanjut tentang program-program NHK World.

NHK World adalah layanan dari NHK yang ditujukan untuk pasar internasional. NHK World sendiri menyediakan 4 macam layanan yaitu :

  • NHK World TV : acara televisi 24 jam dalam bahasa Inggris untuk penonton di seluruh penjuru dunia. Total programnya ada 34 program yang dibagi ke dalam 10 kategori variatif seperti acara kesenian tradisional, pop kultur, berita, dokumenter, acara memasak, dan masih banyak lagi.
  • NHK World Premium : acara televisi berbayar dengan tayangan yang lebih variatif seperti pengajaran bahasa, dan lain-lain.
  • NHK World Radio Japan : acara radio NHK yang terdiri dari 18 macam bahasa untuk saat ini. Diantaranya adalah bahasa Indonesia, Arab, Cina, Prancis, Korea, dan masih banyak lagi.
  • NHK World Online : layanan streaming untuk NHK World TV dan NHK World Radio Japan yang bisa diakses oleh semua orang, baik melalui komputer ataupun smartphone.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat membacanya di situs resmi NHK World.

Selain itu, aplikasi NHK World juga tersedia di Apple App Store dan Google Play Store, sehingga kalian bisa mencoba mengunduhnya dan mencoba untuk menonton NHK World menggunakan koneksi internet kalian. Aplikasi tersebut bisa kalian dapatkan di sini.

Pertemuan selesai pada pukul 19.20 dan karena sudah malam, kami semua makan di kantin NHK. Sejujurnya, inilah salah satu yang saya nanti-nantikan karena saya penasaran dengan menu kantin NHK, dan tenyata menunya cukup menarik dengan harga yang relatif murah untuk standar orang Jepang (ya, namanya juga kantin perusahaan). Setelah makan adalah saatnya untuk menonton FLOW.

j-melo

J-MELO atau Japan Mellow Melody adalah satu-satunya acara musik Jepang yang dibawakan dengan pengantar bahasa Inggris dan ditayangkan di NHK World setiap hari Minggu jam 22:10 WIB. Pembawa acara untuk acara tersebut adalah May J yang cukup fasih dalam berbahasa Inggris.

Performance FLOW yang disyuting pada hari tersebut rencananya akan ditayangkan pada tanggal 23 Februari 2014 (berdasarkan jadwal dari situs resmi NHK World), jadi kami mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk menontonnya secara langsung.

Semua lagu yang dibawakan FLOW pada malam itu adalah lagu-lagu yang mereka nyanyikan untuk lagu-lagu pembuka untuk berbagai anime. Lagu yang dibawakan antara lain adalah single terbaru mereka yaitu Ai Ai Ai ni Utarete Bye Bye Bye yang merupakan lagu pembuka kedua Samurai Flamenco, disusul dengan Days yang merupakan lagu pembuka untuk Eureka Seven. Setelahnya, mereka juga menyanyikan lagu Cha-la Head Cha-la yang tentunya hampir semua orang mengetahuinya karena itu adalah lagu Dragon Ball Z, dan ditutup dengan lagu Go!!! yang merupakan lagu pembuka Naruto.

DSC03461

Selesai pertunjukan, kami kembali ke rumah masing-masing. Kunjungan ke studio NHK World merupakan pengalaman yang sangat menarik bagi kami.

Thank you so much for METI, NHK World Staff, and Revamp Corp. for this wonderful experience.