Dalam 3 Hari, 33 Orang Ditangkap Karena Meng-upload Anime dan Film Ilegal

March 1, 2014 8:04 pm
Dalam 3 Hari, 33 Orang Ditangkap Karena Meng-upload Anime dan Film Ilegal

Semua tahu kalau mengunggah anime yang tayang di Jepang ke internet itu dilarang, tapi masih banyak yang melakukannya. Ini adalah penangkapan peng-upload/pengunggah ilegal kelima di Jepang.

Selama tiga hari dari Februari 25 sampai 27, Departemen Kepolisian Prefektur di seluruh Jepang (kecuali Wakayama dan Osaka) melakukan penangkapan besar-besaran pengguna internet yang mengunggah anime, manga, musik, dan film secara ilegal melalui program file sharing. Menurut pengumuman pers Agen Polisi Nasional, mereka memeriksa 123 lokasi dan menangkap 33 orang yang diduga telah melakukan pelanggaran hak cipta (pelanggaran hak transmisi publik). 24 orang adalah pengguna Share, 6 orang pengguna Cabos, 1 orang pengguna Perfect Dark dan Winny, dan 1 orang mengunggah ke situs FC2.

Polisi telah menemukan film Hollywood 2013 Star Trek Into Darkness, Man of Steel, lalu komik Jepang Initial D, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, telah diunggah ke internet tanpa izin dari pemegang hak cipta. Ini adalah penangkapan pengguna program file sharing ilegal kelima di Jepang. Pada penangkapan Februari 2013 lalu, mereka menangkap 27 orang.

Anime-Piracy-DVD-sales

Lalu pada Februari 28, Polisi Prefektur Fukuoka secara unik mengumumkan bahwa mereka telah menangkap tiga orang dari Osaka, Nara, dan Aichi atas dugaan dalam menggunakan program file sharing ilegal untuk mengunggah single kelima Kyary Pamyu Pamyu, Ninja Re Bang Bang, ke internet tanpa izin dari pemegang hak cipta. Lalu Polisi Prefektur Yamanashi dan Shizuoka mengumumkan penangkapan seorang pekerja kantoran berumur 40 tahun yang mengunggah anime buatan Sunrise, Gundam Build Fighters, dan satu judul lainnya.

Padahal menonton film dan anime di Jepang begitu mudahnya. Di TV ada, DVD dan Blu-Ray dijual dan disewakan. Kenapa masyarakat sana masih sering mengunggahnya ke internet ya?

SUmber: Crunchyroll