Gadis Atau Wanita? Pengguna Internet Jepang Mendiskusikan Kapan Seorang Gadis Beranjak Dewasa

March 1, 2014 4:06 pm
Gadis Atau Wanita? Pengguna Internet Jepang Mendiskusikan Kapan Seorang Gadis Beranjak Dewasa

Siapa yang ingat pada saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, pembicaraan mengenai artis ini dan artis itu yang paling dewasa dan menarik perhatian kita. Namun saya yakin pada saat itu bahkan murid paling dewasa diantara kita pun sepertinya masih bocah dalam hatinya.

joshi-josei (2) Sudah pasti Josei lah ini 

Baru-baru ini sebuah pertanyaan terbersit di Oshiete! goo, sebuah situs tanya jawab namun tidak seperti Yahoo! Answers (tempat kamu menemukan semua jawaban tugas sekolahmu), bertanya kapankan saatnya kita menarik garis antara “gadis” dengan “wanita”, atau dalam bahasa Jepang, Joshi dan Josei. Pertanyaan tersebut telah memicu sebuah debat online, dengan beberapa orang mengatakan 40 adalah titik terakhirnya dan ada juga yang mengatakan “joshi” berakhir di umur 20.

Dalam bahasa Jepang, ada banyak kanji yang dapat digunakan untuk menyatakan perempuan: 女 onna; 女の子 onna no ko; 女子 joshi; 女性 josei; 女の人 onna no hito,  dan masih banyak lagi. Semua mengandung kanji perempuan ‘onna’ (女),  namun tetap saja ada perbedaan saat menggunakan kata-kata tersebut tergantung situasinya.

joshi-josei (3) Nenek yang satu ini bagaimana? Dia ingin menjadi Joshi seumur hidup?

Contoh nyatanya pada Olimpiade Musim dingin, saat pembicara akan mengatakan event seperti “women’s curling” atau “ladies figure skating” dalam televisi, semuanya akan diubah oleh orang Jepang menjadi joshi ditambah nama olahraganya. Namun, joshi ditulis seperti ‘女子’ dan dari kanji ‘子’ (berarti “anak kecil”) dapat kita simpulkan kalau semua olahraga tersebut dianggap dilakukan oleh para ‘gadis’ dibandingkan ‘wanita’ yang sudah dewasa, walau faktanya kebanyakan atlet Olimpiade pastinya sudah dewasa.

Penasaran dengan jawabannya, seorang user Oshiete! goo bernama jun-tsuboi bertanya “Sampai umur berapa kita bisa memakai padanan ‘joshi’ untuk seseorang?” akhir tahun lalu. Seorang user memiliki teori bahwa terima kasih kepada acara olahraga, pemakaian kata ‘joshi’ bisa diundur sampai umur 40 tahun. Jadi para wanita tidak perlu takut karena sampai umur 40 tahun kalian akan terlihat kencang laksana seorang gadis.

Banyak warga Jepang yang akan berargumen kalau umur 20 dianggap adalah perpindahan seseorang menjadi dewasa, joshi ‘女子’ akan berubah pada saat umur 19, dan menjadi ‘女性’ josei, yang bagi kebanyakan akan dianggap sebagai wanita dewasa mulai saat itu. Ada seorang pengguna forum lain dengan nama 510322 menyatakan kalau kita melihat joshi setiap harinya di dunia seperti ‘女子会’ joshikai (gadis yang suka pesta/jalan) dan 女子力 joshiryoku (girl power!), dan masih banyak kata yang menggunakan kata joshi masih digunakan bahkan setelah umurnya melebihi 40.

joshi-josei
Yang ini malah umurnya kebangetan kalau dipanggil Joshi….

Menurut saya sih, tergantung penampilan luarnya” kata seorang user, “Aku pikir kita boleh memanggil seseorang gadis bila dia terlihat masih muda.” Nenek Yukari pasti senang mendengar ini.

Jadi sepertinya, joshi bisa kita katakan bukan hanya sebagai gadis tapi juga sebagai sebuah pemikiran, lebih dari sekedar tanggal lahir yang ada di aktenya. Namun pendapat yang berbeda dikemukakan oleh para pengguna internet dibawah ini:

  • “Menurutku joshi itu berhenti di umur 17 tahun.”
  • “Apapun dibawah 20 tahun saya anggap joshi”
  • “Bukankah tidak sopan untuk memanggil seseorang yang sudah dewasa sebagai ‘gadis’?”
  • “Kita berhenti (memanggil joshi) mungkin sekitar umur 18 sampai 25”
  • “40 tahun kan paruh baya?”
  • “Tunggu, ibu-ibu 40 tahun masih melakukan joshikai?”
  • “Sampai 20 dia itu onna no ko, sampai 30 dia josei, 50 lebih berubah jadi obasan.”

joshi-josei (4) Hoshizora Ikuyo dari anime penuh Joshi, Precure.

Sepertinya bahkan para penduduk Jepang asli akan kesulitan dimana mereka harus menarik garis, tapi bagaimana menurutmu? Apakah joshi itu dibatasi umur ataukah joshi itu hanya sebatas panggilan? Ataukah ditentukan oleh aura seseorang, mungkin sedikit tidak sopan untuk memanggil seorang yang sangat keibuan dengan sebutan gadis. Tapi saya yakin semua wanita senang dipanggil gadis, tanpa kesalahpahaman. Tapi saya juga punya teman sih yang menganggap gadis diatas umur 15 itu semua sampah luar angkasa, terlalu tua katanya.

Source: Rocketnews
Header Image: http://seiga.nicovideo.jp/seiga/im3781389