Kehilangan iPhone di Spanyol, Turis Jepang Ini Dihadiahi Tagihan Sebesar 113 Juta Rupiah!

March 1, 2014 1:53 pm
Kehilangan iPhone di Spanyol, Turis Jepang Ini Dihadiahi Tagihan Sebesar 113 Juta Rupiah!

Setelah mendengar cerita ini, saya jadi merasa seorang turis Jepang yang iPhonenya dicuri di Thailand sangat beruntung kalau dia hanya menemukan foto gadis di dalamnya via iCloud. Karena kisah kasih iPhone kali ini lebih tragis dan menyayat hati (juga dompet) karena dia baru saja diberikan hadiah tagihan telepon hampir sebesar satu juta yen!

Si malang tersebut bernama Omomo (Twitter) dan pada tanggal 29 Desember silam, iPhonenya dicuri dalam perjalanan Subway di Barcelona. Malangnya lagi, sepertinya itu adalah malam terakhirnya di Spanyol, keesokan harinya dia langsung meminjam telepon untuk menelepon pihak service providernya di Jepang dan memutuskan layanan telepon mereka supaya teleponnya bisa diblokir.

barcelona view Barcelona Sumber

Suatu hari saat Omomo sudah kembali ke kampungnya di Fukuoka, kebetulan bapaknya sedang mampir berkunjung, orang tuanya mengambil surat harian dari dalam kotak pos Omomo dan menemukan tagihan telepon Omomo dari providernya, SoftBank. Mungkin iseng, bapaknya ingin melihat siapa yang sudah anaknya telepon dan alih-alih melihat tagihan telepon normal seperti biasanya, sekitar 7000-9000 yen (700-950 ribu rupiah) ini adalah tagihan yang dilihat oleh Bapak Omomo.

sb-2
Kok sedikit naik ya tagihan anak saya…

Hanya berselang 15 jam dari saat iPhone Omomo dicopet dan pembatalan layanannya, para pencuri ini sudah melakukan damage yang cukup besar, tepatnya 994.919 Yen (sekitar 133 juta rupiah)! “Sepertinya ada per yang menembus keluar kepalaku” twitnya.

Omomo curiga pencuri ini telah menggunakan internetnya lebih dari apa yang diberikan oleh kontrak Omomo dengan Softbank. Namun melihat rincian tagihannya, ternyata si pencuri melakukan telepon yang setara dengan tagihan 22.615 Yen (sekitar 2.4 juta rupiah) pada hari pertama dan loncatan luar biasa sebesar 953.465 Yen (sekitar 108 juta rupiah) pada hari keduanya.

sb-3

Kontrak SoftBank menyebutkan bahwa tanpa melihat siapapun yang telah melakukan telepon, penggunaan telepon dan pembayaran yang terjadi setelahnya adalah tanggung jawab si pemegang kontrak, dengan kata lain, Omomo harus menanggung biaya sampai sekitar 113 juta rupiah untuk telepon yang tidak pernah dia buat, dan tidak dia miliki lagi. Omomo juga sudah bicara dengan staf SoftBank, dan bila pencurinya tertangkap maka Omomo tidak harus membayar tagihannya, tapi sepertinya kesempatannya sangat kecil.

Pengguna Twitter lain mendengar cerita ini dan meragukan cerita Omomo, dia menanggapinya dengan “Apa benar kamu benar-benar melewatkan 15 jam antara saat kehilangan teleponmu dengan membatalkan kontrakmu?“. Memang rentang waktu 15 jam sungguh lama, saya saja begitu kehilangan dompet langsung sibuk menelpon bank untuk memblokir ATM saya.

Ya, cuma 15 jam kok.” kata Omomo memastikan. “Mungkin tagihannya sangat mahal dikarenakan biaya roamingnya.

softbank logo

Ada juga kecurigaan terarah kepada perhitungan dari SoftBank, karena dimanapun kamu berada, telepon dari Spanyol tidak akan melebihi 265 yen (30 ribu rupiah) per menitnya, tidak peduli provider manapun yang kamu pakai. Bahkan bila si pencuri menelepon selama 15 jam terus-terusan, tagihannya tidak akan melebihi 238.500 Yen (sekitar 25 juta rupiah), jadi pasti ada alasan lain tagihan Omomo meroket seperti itu.

Sampai saat ini, Omomo masih mencari cara untuk menyelesaikan masalah dengan SoftBank tanpa harus membayar tagihan seharga DP rumah tersebut. “Akhir-akhir ini, mereka yang kehilangan iPhone biasanya selalu ingin mencari iPhonenya dulu lewat iCloud, tapi sebenarnya hal pertama yang harusnya kamu lakukan adalah membatalkan layananmu.” katanya sedih.

FI versi kecil

Namun dia masih bisa bercanda, “Tidak ada yang bisa saya lakukan selain tertawa. Maksudnya, semalas apa sih orang yang mencuri teleponku? Kalau kamu mau menelepon sebanyak itu, setidaknya genapkanlah angkanya sampai 1 juta yen.

Source: Rocketnews
Header Image: pixiv/hinoe