Temui Karakter Jepang Dari Berbagai Era di Kingdom of Character!

March 5, 2014 12:30 pm
Temui Karakter Jepang Dari Berbagai Era di Kingdom of Character!

Hari Selasa, 4 Maret kemarin Japan Foundation bekerjasama dengan Galeri Nasional membuka sebuah acara yang berisi berbagai macam karakter anime, manga dan tokusatsu yang pastinya kita semua kenal. Japan Kingdom of Character di Galeri Nasional menampilkan replika berbagai karakter terkenal di Jepang!

DSC04548

Kita tidak perlu bertanya lagi tentang kecintaan orang Jepang terhadap “karakter”, terbukti dengan maraknya bacaan dan tontonan karakter fiksi sejak era ’50-an dan dewasa ini didominasi oleh “moefikasi“. Japan Foundation berusaha memberitahu tentang latar belakang sejarah “karakterisasi” Jepang beserta contohnya dari masa ke masa.

DSC04580

Acara dibuka oleh Ketua Japan Foundation Tadashi Ogawa-san beserta Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana. Pembukaan ini juga dihadiri oleh Haruhi sebagai perwakilan karakter Jepang era modern. Turut hadir juga Duta Besar Kolombia untuk Indonesia dan Kohei Hara dari Tokyo Gets, ditemani oleh Ockto Baringbing sebagai salah satu komikus kenamaan Indonesia pemenang Perak di International Manga Award

DSC04547

Selepas pembukaan kami diajak berkeliling oleh Ogawa-san dan dijelaskan mengenai berbagai karakter Jepang dari era ’50-an. Masing-masing era diwakili oleh satu karakter yang replikanya dibawa langsung dari Jepang! Dan karena acara Kingdom of Character ini adalah acara untuk seluruh negara dengan Japan Foundation, kesemua replika ini berangkat langsung dari Jepang mengelilingi dunia dari Amerika dan akhirnya kemarin sampai di Jakarta.

DSC04557

DSC04556

DSC04564

DSC04561

Dari Ultraman hingga Hello Kitty dan Gundam serta Ayanami Rei, semua ada disini! Tentu kita bisa membaca informasi tentang masing-masing karakter dan berfoto bersama replika tersebut. Tidak hanya replika, ada juga beberapa set audio visual yang bisa digunakan untuk melihat lebih jauh tentang salah satu karakter. Yang menarik, ada replika kamar yang dipenuhi pernak-pernik Hello Kitty loh. Bagi yang membawa keponakan atau adik kecil hati-hati ya.

DSC04567

“Orang-orang tahu banyak karakter dari Jepang, tapi sedikit yang tahu mengenai latar belakang mereka. Inilah yang kami ingin sampaikan pada mereka” Kata Ogawa-san saat ditanya tentang tujuan dari acara ini.

DSC04568

DSC04582

Tidak hanya pameran karakter, pada tanggal 9 Maret juga akan ada lektur oleh Ken Moribayashi dari Japan Foundation dengan topik “Menikmati Jepang melalui karakter” dan 16 Maret dengan topik “Berbisnis dengan Karakter” oleh Kohei Hara dari Tokyo Gets

DSC04559

DSC04586

Tunggu apa lagi? Segera datangi Galeri Nasional, tepat di seberang Stasiun Gambir sebelum 23 Maret karena setelah itu para karakter ini akan kembali terbang ke Australia dan takkan kembali!