50 Tahun Menyetir Tanpa SIM, Seorang Supir Berusia 71 Tahun Ditangkap

March 8, 2014 2:29 pm
50 Tahun Menyetir Tanpa SIM, Seorang Supir Berusia 71 Tahun Ditangkap

Mengemudi tanpa SIM sudah menjadi hal yang biasa di Indonesia, belum lagi yang mengambil SIM tapi SIMnya ‘nembak’, menjadikan lepasnya mereka ke jalanan tanpa edukasi berkendara yang benar. Akibatnya, jalanan Indonesia dipenuhi oleh orang yang menyetir secara ugal-ugalan tanpa peduli sesama pengendara lain. Namun siapa yang menyangka hal tersebut akan terjadi di negara maju seperti Jepang, walaupun tidak ugal-ugalan?

truck-ikegami

Polisi di Kobe menangkap seorang lelaki berusia 71 tahun yang diduga telah lama menyetir truk seberat 2 ton tanpa surat-surat izin yang memadai. Seorang polisi lokal mengenali plat nomor supir tersebut setelah sebelumnya pernah merazia truk tersebut, dan saat diinterogasi, ternyata sang pengemudi tua tersebut bukannya lupa memperbarui SIMnya, tapi dia tidak pernah punya SIM selama hidupnya.

Koran Mainichi Shimbun melaporkan bahwa pengemudi ilegal tersebut, Bapak Shigeji Ikegami ditahan pada tanggal 3 Maret dengan tuduhan mengemudi truk seberat 2 ton tanpa surat-surat.

Pak Ikegami pernah ditahan saat razia yang dilakukan polisi lokal bulan November tahun lalu. Tahun ini, untungya polisi yang sama yang pernah menangkapnya itu masih mengingat plat nomor Pak Ikegami, dan langsung menahannya saat dia sedang berhenti sejenak untuk belanja di supermarket.

Saat ditanyakan mengenai surat-surat mengemudinya, Pak Ikegami hanya menjawab “Aku tidak pernah punya SIM; tapi Aku sudah mengemudi selama 50 tahun sejak umurku 20

Mungkin sudah saatnya kita merazia para supir angkutan umum dan mengecek apakah mereka semua punya SIM atau tidak.

sumber: Rocketnews
images: pixiv/shimon_mosado