Co-Founder Ghibli, Toshio Suzuki Mengundurkan Diri Dari Posisi Produser

March 9, 2014 5:22 pm
Co-Founder Ghibli, Toshio Suzuki Mengundurkan Diri Dari Posisi Produser

Produser yang juga merupakan co-founder dari studio Ghibli, Toshio Suzuki, memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya saat ini di Studio Ghibli, meskipun demekian dia akan tetap bertindak sebagai “General Manager”, Kedepannya posisi produser pada studio yang terkenal dengan animasi seperti “Spirited Away” ini akan dipercayakan kepada Yoshiaki Nishimura.

ghibli-founder-fi

Bersama dengan Hayao Mizayaki dan Isao Takahata, Suzuki mendirikan Studio Ghibli, dan bertindak sebagai direktur utama. Pada tahun 2008 mantan direktur Walt Disney Jepang, Koji Hoshino mengambil alih posisi direktur utama Studio Ghibli, namun Suzuki tetap menjadi produser untuk seluruh film layar lebar karya studio tersebut hingga tahun lalu. Suzuki dijuluki sebagai “wajah studio ghibli” oleh surat kabar Sports Hochi dikarenakan seringnya dia tampil di televisi dan juga acara radio Suzuki Toshio no Ghibli Asemamire.

Penerus Suzuki, Nishimura, pertama kali menjadi produser pada animasi “The Tale of Princess Kaguya” yang ditayangkan pada November tahun lalu, pada animasi tersebut Suzuki hanya diberi kredit sebagai “project planning” karena saat itu dia tengah mendedikasikan dirinya untuk menangani film terakhir Miyazaki, Kaze Tachinu.

Sebelumnya, Hayao Miyaki telah lebih dulu mengundurkan diri dan menyatakan tidak akan membuat film layar lebar lagi. Suzuki menyatakan bahwa keputusannya untuk mengundurkan diri dari posisi produser tidak ada hubungannya dengan Miyazaki.

Pria yang lahir di prefektur Aichi pada tahun 1948 ini menytatakan bahwa dia berharap dengan pengunduran dirinya ini akan memulai era baru Studio Ghibli dengan talenta-talenta baru yang lebih muda dan kuat seperti Nishimura yang baru berusia 36 tahun dan Yonebayashi yang berusia 40 tahun.

sumber: ANN
header image: boudist