Studio Anime Yang Karyanya Patut Dinanti

March 11, 2014 1:50 pm
Studio Anime Yang Karyanya Patut Dinanti

Dalam memutuskan anime mana yang akan kita tonton, biasanya selain cerita, gambar, seiyuu dan karya orisinilnya (game, manga, light novel) kita juga melihat studio animenya. Rata-rata nama sebuah studio anime itu konsisten dengan kualitas anime-nya nanti. Jadi studio mana yang perlu kita perhatikan kalau membuat anime baru?

Kami coba melihat kebelakang dan berdasarkan karya mereka sebelumnya, inilah beberapa studio anime yang perlu kita pantau tahun ini:

studiomasterrace (1)

WIT Studio
Karya berpengaruh: Shingeki no Kyojin

Pas pertama kali saya diberitahu kalau Shingeki no Kyojin akan dibuat anime, saya skeptis. “Anime penuh action gelayutan dan cerita begini sih ga cukup 13 episode dan harus dengan kualitas movie nih. Ga mungkin”. Gerutu saya rupanya terdengar oleh WIT, yang menjadikan seri Shingeki no Kyojin dari sebuah manga mediocre yang orang jarang dengar, apalagi orang Indonesia, menjadi anime fenomenal yang merajai percaturan animanga seluruh dunia di tahun 2013.

Itulah WIT Studio, yang dari trailer pertama Kyojin langsung membuat saya berteriak “Who tje fu*k made this?!”. Dibantu oleh Production I.G. yang menjadikan Kyojin anime seri dengan kualitas movie yang sangat bagus. Studio baru ini sebenarnya berada di bawah Production I.G., tapi sudah membuat sebuah masterpiece, kita tentu bisa berharap lebih dari karya selanjutnya studio baru ini.

Namun sayang WIT belum mengumumkan proyek selanjutnya setelah musim ini membuat anime komedi Hoozuki no Reitetsu, yang jelas meskipun mempunyai kualitas visual yang tidak kalah dengan Kyojin, nampak kurang digemari oleh fans disini. Mari tunggu Kyojin season 2!

Anime selanjutnya: ???

studiomasterrace (1)

ufotable
Karya berpengaruh: Fate/zero, Kara no Kyoukai
Biasa terlihat membuat OVA, film anime layar lebar atau klip cutscene game, ufotable akhirnya kembali memasuki ranah anime seri TV dengan Fate/zero. Hampir sama dengan Kyojin tapi meskipun tidak sefenomenal itu, kualitas Fate/zero patut diacungi 5 jempol.

ufotable bukanlah pemain baru seperti WIT, dengan lebih dari 1 dekade sejarah berkarya. Namun saya sendiri baru melihat kekuatan ufotable sejak film Kara no Kyoukai. Dan sejak saat itu entah mengapa nama ufotable seakan lekat dengan TYPE-MOON, dari anime Fate/zero hingga klip Fate/hollow Ataraxia dan Realta Nua untuk PSVita, dan sekarang membuat ulang Fate/stay Night yang sebenarnya sudah dibuat oleh DEEN tahun 2006 silam.

Mungkin setelah ini Tsukihime? Mari berdoa bersama; AMEN!!

Anime selanjutnya: Fate/stay Night (2014)

studiomasterrace (3)

Production I.G.
Karya berpengaruh: Ghost in the Shell, Psycho Pass

Production I.G adalah studio yang di-visi-kan oleh sang pendiri sebagai studio yang ingin lepas dari manga sebagai sumber material utama untuk diadaptasi. Sehingga banyak karya I.G adalah karya orisinal yang dibuat khusus untuk anime. Higashi no Eden, Psycho Pass dan Gargantia adalah karya orisinal terbaru mereka.

Meskipun begitu I.G memang tidak lepas dari adaptasi manga, terutama beberapa karya Masamune Shirow yang turut mengangkat nama I.G sebagai salah satu studio papan atas seperti Ghost in The Shell dan Appleseed. Salah satu warna khas I.G yang saya lihat adalah penggunaan 3DCG yang cukup banyak.

Anime selanjutnya: Psycho Pass Season 2 dan movie(?)

studiomasterrace (4)

Shaft
Karya berpengaruh: Monogatari, Madoka Magica

Siapa yang tidak kenal Shaft dewasa ini? “head tilt” yang khas dan visual yang kadang tidak kalah abstraknya membuat hampir setiap karya studio ini dapat dipisahkan dengan sekali lihat. Meskipun beberapa musim belakangan ini Shaft tampak selalu mendapat jackpot dengan adaptasi yang cukup fenomenal, studio ini bukanlah tanpa kegagalan dibandingkan anime-nya belakangan ini. Ada juga Dance of the Vampire Bund yang saya yakin jarang didengar oleh penikmat anime di Indonesia.

Tapi tenang karena nampaknya setidaknya untuk tahun ini, Shaft masih akan berjaya. Dengan adaptasi Kagerou Project yang sudah mempunyai fanbase sangat besar dan film yang sangat ditunggu, Kizumonogatari.

Anime selanjutnya: Mekaku City Actors (Kagerou Project), Kizumonogatari

studiomasterrace (2)

Trigger
Karya berpengaruh: Little Witch Academia, Kill la Kill

Sama seperti WIT, Studio yang satu ini juga turun dengan epik dari langit tanpa angin tanpa hujan. Menerpa kita dengan Little Witch Academia yang ditayangkan gratis di Youtube dengan kualitas super dan musim ini dengan Kill la Kill.

Tapi selain itu Trigger belum tampak akan menjamah anime lain. Adaptasi atau original, seri atau OVA atau film? Lihat setelah Kill la Kill tamat beberapa episode lagi.

Update:
Ternyata hari ini baru saja turun kabar bahwa anime berikutnya Trigger sudah diumumkan, yaitu adaptasi dari light novel

Trigger sebenarnya adalah studio baru yang didirikan oleh Hiroyuki Imaishi, sutradara dibalik Tengen Toppa Gurren Lagann. Bersama dengan staff-staff yang mengerjakan Gurren Lagann, Imaishi meninggalkan Gainax dikarenakan dia tidak lagi bebas untuk membuat judul-judul orisinil.

Anime selanjutnya: Inou Battle wa Nichijou-kei no Naka de

studiomasterrace (5)

Kyoto Animation
Karya berpengaruh: Clannad, K-on, Chuunibyou, Free

Perlukah saya bilang macam-macam? Studio yang beberapa tahun lalu akrab dengan tema FEELS dan selalu memancing air mata dengan adaptasi dari visual novel garapan Key ini sekarang lekat bak pengantin baru dengan tema Moe. Meskipun ya musim lalu KyoAni selingkuh dengan tema shonen sport dengan fanservice yaoi di Free!.

Meskipun begitu patut dicatat bahwa apapun animenya karya KyoAni selalu ada di rata-rata peringkat atas anime favorit satu season, bahkan punya fans sendiri sebagai studio. Sekarang doa saya adalah kapan KyoAni melanjutkan Full Metal Panic?

Anime selanjutnya: Tamako Market Movie Tamako Love Story

studiomasterrace (6)

Studio Ghibli

Karya berpengaruh: Spirited Away, Ponyo, Tonari no Totoro

Harusnya saya sebutkan semua anime Ghibli di bawah Hayao Miyazaki di isian “karya berpengaruh” di atas. Studio yang bahkan disegani Hollywood ini merupakan salah satu pionir animasi Jepang yang juga banyak berkiprah di dunia internasional.

Tak hanya di Jepang, karya Ghibli juga bahkan merupakan langganan nominator Oscar, dengan karya terbarunya, Kaze Tachinu yang meskipun dikalahkan Frozen tetap dapat bersaing dalam satu panggung di gelaran akbar tersebut.

Namun dengan pensiunnya Hayao Miyazaki, akankah Ghibli dapat mempertahankan kualitasnya sebagai salah satu powerhouse animasi dunia, di samping Pixar dan Walt Disney? Hmm…

Anime selanjutnya: ???

studiomasterrace (1)

Comix Wave
Karya berpengaruh: Karya Makoto Shinkai

Itsudemo Sagashite Iru Yooo~~~~~~~

Anime Selanjutnya: ???

Harap diperhatikan studio ternama bukanlah jaminan anime bagus, dan anime bagus bisa lahir dari studio tanpa nama. Jadikan ini tidak lebih dari patokan dasar untuk melihat anime yang ingin kamu tonton dan juga mungkin kalau kamu tidak setuju dan punya nama studio lain, tumpahkan di komen di bawah!