Acara Televisi Jepang Tertangkap Basah Salah Menggunakan Meme

March 18, 2014 7:00 pm
Acara Televisi Jepang Tertangkap Basah Salah Menggunakan Meme

Bila kamu salah mengucapkan dialog di atas panggung, sudah pasti kamu akan menanggung malu sampai sekolahmu selesai, atau setidaknya sampai suasananya mereda. Namun apa yang terjadi saat kamu salah menggunakan referensi di saluran TV nasional?

Itulah yang dialami sebuah acara berita yang dibawakan oleh Beat Takeshi yang sedang mengupas masalah “Bahaya dari Kecanduan Internet”. Untuk menggambarkan seberapa berbahayanya hal tersebut. Program bernama Jouhou 7 Days News Caster tersebut menggunakan salah satu video meme yang sudah ada sebelum kata ‘meme’ sendiri itu terkenal ( secara publik), Angry German Kid. Berikut adalah cuplikan dari acara tersebut yang dilanjutkan dengan sebuah wawancara mengenai berbahayanya kecanduan internet.

Sepertinya, acara tersebut sama sekali tidak mengetahui apa itu video Angry German Kid, ironis sekali bila acara yang membahas berbahayanya internet sebenarnya tidak mengetahui sirkulasi video yang cukup terkenal ini. Video ini hanya digunakan sebagai pembuka saja, sebuah taktik untuk membuat para pemirsa takut akan hal tersebut (kecanduan internet).

AGK pokemon

Bila kamu masih baru di internet, saya tidak akan menyalahkanmu, karena video ini sangat tua umurnya. Bila kamu penasaran, dan ingin sedikit tertawa, lihatlah video originalnya yang diterjemahkan pada tahun 2007. Harap diperhatikan akan terdapat banyak sekali kata-kata kasar dan teriakan yang memekakkan telinga, jadi mungkin kamu butuh seorang pendamping yang lebih dewasa dan mengecilkan volume pengeras suaramu.

Video ini menjadi sangat terkenal pada saat itu, walaupun si pembuat video sendiri mengakui kalau apa yang dia lakukan dalam video tersebut hanyalah akting. Bahkan situs video terkenal milik Jepang, Niconico, pun pernah menyatakan bahwa video ini hanyalah sebuah akting saja. Seperti video Hitler berbasis film Der Untergang yang juga mengalami banya versi perubahan terjemahan, Angry German Kid juga memiliki banyak versi. Salah satunya seperti yang ada di bawah ini.

Kritik dari berbagai forum dan twitter pun bermunculan karena acara tersebut menggunakan video yang disalahgunakan. Seorang pengguna twitter Jepang dengan akun @ChihayaSta menulis, “Media umum semua bertingkah seperti ‘Ketergantungan internet itu mengerikan!’ Kami pengguna internet semua malah ‘Duh, ini meme lama banget.’

Selain itu twitter pun dibanjiri foto-foto Angry German Kid yang diunggah secara bersamaan, tentunya oleh orang-orang yang mengetahui fakta dibalik video tersebut.

AGK AGK (2)

Selain foto-foto, ada juga yang berbicara mengenai betapa ironisnya hal ini, karena jelas sekali yang membawakan acara tidak berpengalaman dalam dunia internet, atau setidaknya tidak melakukan riset terlebih dahulu. Namun ada juga yang menertawakan kesalahan stasiun tv ini.

Hal ini membuat sebuah keadaan baru yang berbeda dari “berbahayanya kecanduan internet” menjadi “berbahayanya melakukan kesalahan di internet”.

sumber: Kotaku
gambar: pixiv/t6m0