Sony Umumkan Headset Virtual Reality Baru, Bisakah Menyamai Oculus Rift?

March 19, 2014 11:00 am
Sony Umumkan Headset Virtual Reality Baru, Bisakah Menyamai Oculus Rift?

Sony mengumumkan apa yang mereka sebut “Project Morpheus” dalam gelaran Game Developers Conference (GDC) Kamis lalu. Project Morpheus adalah headset virtual reality layaknya Oculus Rift yang dikhususkan untuk PS4. Sayang apa yang mereka bawa ke GDC belum produk final.

Shuhei Yoshida, presiden dari Sony Computer Entertainment Worldwide Studios yang mengungkap proyek itu menjelaskan, “virtual reality adalah inovasi terbaru dari Sony yang akan membentuk masa depan game.” Tambahnya lagi alasan Sony mengumumkannya di GDC adalah supaya Sony bisa meningkatkan kualitas prototip yang ada berdasarkan masukan dari para pengembang game.

morpheus

Euh, itu tidak nyolong helm Thomas dari Daft Punk kan?

daft-punk-630

Teknisi senior Richard Marks mengatakan agar dapat membuat sensasi “keberadaan”, sebuah alat VR seperti Morpheus harus memenuhi 6 kebutuhan; penglihatan, tracking, kontrol, kemudahan penggunaan, dan konten. Pengembangan Morpheus juga dibantu oleh NASA agar bisa dipakai untuk keperluan lain selain gaming.

Ditambahkan lagi oleh Sony kalau sebuah alat VR yang baik haruslah mempunyai “latensi yang rendah, frame rate tinggi, visual yang bersih dan audio 3D”. Sony juga meyakinkan kalau versi finalnya akan “nyaman dan ramah” serta tetap bisa dipakai oleh orang berkacamata.

morpheus-2

Game yang didemokan dengan Morpheus di GDC adalah The Castle, EVE Valkyrie, The Deep, dan Thief.

Oke yang jadi pertanyaan saya tetaplah “VR mana yang bisa dipakai untuk memainkan eroge dengan maksimal atau memfasilitasi perselingkuhan kita dengan waifu dalam layar, Oculus atau Morpheus?”

Sumber: ANN