Di Negeri Asal Pembuatnya, Metal Gear Solid V: Ground Zeroes Malah Kena Sensor

March 21, 2014 11:30 am
Di Negeri Asal Pembuatnya, Metal Gear Solid V: Ground Zeroes Malah Kena Sensor

Sudah terbit belakangan, gamer Jepang pun akan mendapatkan game Metal Gear Solid V: Ground Zeroes yang isinya akan sedikit berbeda dari apa yang dimainkan oleh gamer dari luar Jepang.

MGSVPC

Metal Gear Solid V: Ground Zeroes yang merupakan prolog dari game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dirilis di Jepang minggu ini, tidak hanya menghadirkan pengisi suara yang berbeda, Kiefer Sutherland yang mengisi suara Big Boss untuk edisi luar Jepang akan digantikan suaranya oleh Akio Otsuka di edisi Jepang.

Seperti dikutip oleh Kotaku dari Weekly Famitsu, bahwa dalam wawancaranya dengan majalah tersebut Hideo Kojima menjelaskan, dikarenakan ketentuan dari Computer Entertainment Ratings Organization, yang biasa dikenal dengan singkatannya “CERO”, badan rating video game Jepang, beberapa bagian dari Metal Gear Solid V: The Phantom Pain edisi jepang telah disensor. “Bagian ‘itu’ ditandai oleh CERO sehingga produksi (edisi Jepang) berubah seperti itu, tapi dalam versi amerika (dari Ground Zeroes) kalian dapat melihat semuanya,” kata Kojima.

Cerita Metal Gear Solid V memang diklaim akan lebih berat dan kelam dibandingkan seri-seri sebelumnya, dan bagi kalian yang menantikan kapan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain rilis tampaknya harus menunggu lebih lama lagi, karena bahkan Kojima Sendiri mengaku dirinya pusing hanya dengan memikirkan game tersebut dikarenakan saking luasnya cakupan game tersebut.