Protes Bermunculan Saat Produser AKB48 Ditunjuk Sebagai Penanggung Jawab Pembukaan Olimpiade 2020

March 23, 2014 3:30 pm
Protes Bermunculan Saat Produser AKB48 Ditunjuk Sebagai Penanggung Jawab Pembukaan Olimpiade 2020

Saya yakin banyak dari kalian yang sudah familiar dengan AKB48, apalagi JKT48 yang markasnya lebih dekat dengan kita di Indonesia. Namun setujukah kalian bila produser AKB48 diberikan tanggung jawab untuk acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020?

Yasushi Akimoto adalah seorang figur yang dikenal di industri musik Jepang, baik karena lagu tulisannya (“Kawa-no Nagare-no You-ni” yang dinyanyikan Hibari Misora) dan adalah seorang dibalik kesuksesan AKB48 serta pendahulunya, Onyanko Club. Bahkan dikatakan kalau dia adalah teman dari Shinzo Abe, perdana menteri Jepang, mungkin karena koneksinya itu pada tanggal 17 Maret kemarin, dia diterima dalam komite Olimpiade Tokyo 2020.

penolakan yasushi akimoto

Aku ingin membantu membuat Olimpiade baik bagi atlit mampu maupun kurang mampu yang akan selalu dikenang” kata Akimoto saat dia ditunjuk. “Aku ingat waktu aku diajak ayahku melihat Olimpiade Tokyo tahun 1964 saat aku masih berumur 6 tahun.” Bersama dengan fotografer Mika Ninagawa yang membuat video “Heavy Rotation“, Akimoto akan memproduseri upacara pembukaan olimpiade.

penolakan yasushi akimoto (2)

Beritanya tersebar cepat dan mendapatkan reaksi yang cukup baik, terutama dari generasi muda Jepang. Namun sebelum Akimoto diangkat menjadi anggota komite, terjadi protes di Internet lewat sebuah petisi di Change.org yang dimulai oleh Gee Kawaii yang menganjurkan komite untuk menimbangkan keputusannya kembali. Kawai mengatakan bahwa ada “mayoritas warga Jepang yang takut akan masa depan industri dunia hiburan yang menekankan artis tanpa bakat yang hanya mendorong marketing dan personal branding serta hanya menyasar sebuah zona ekonomi spesifik saja.

Walaupun Akimoto memiliki banyak sekali prestasi-prestasi lainnya, Kawai menjelaskan penunjukkan Akimoto sebagai pemimpin proyek menyimbolkan “dunia hiburan Jepang yang menurun kualitasnya” dan “Olimpiade Tokyo juga akan ikut turun (kualitasnya)“. Petisi tersebut sudah mendapat sekitar 11,000 tanda tangan dan memiliki target sampai 100,000 tanda tangan.

akb48

Apakah menurutmu penunjukkan Akimoto berarti penurunan kualitas dunia musik Jepang yang akan ikut menurunkan kualitas Olimpiade? Apakah menurut kalian prestasi Akimoto tidak cukup untuk membuatnya dipilih? Apakah menurutmu AKB48 akan manggung?

sumber: ANN