Wawancara Dengan Enji Night dan Kana, Cosplayer dari Hungaria

March 23, 2014 5:00 pm
Wawancara Dengan Enji Night dan Kana, Cosplayer dari Hungaria

Pada tanggal 15-16 Maret lalu, di Balai Kartini telah dilaksanakan salah satu pameran mainan terbesar di Jakarta (dan kemungkinan besar Indonesia) yang bernama “The Jakarta Toys and Comics Fair 2014“. Kamu bisa membaca liputan JOI mengenai acara ini dengan mengikuti tautan ini.

Tentunya akan ada banyak mainan, komik dan sudah pasti para cosplayer tidak akan melewatkan kesempatan ini. Kebetulan, The Jakarta Toys and Comic Fair dapat mendatangkan tidak hanya 1 tapi dua cosplayer terkenal dari Hungaria, mereka adalah Enji dan Kana yang mengisi acara selain meet and greet, mereka juga akan menjadi juri dari kompetisi cosplay yang diadakan pada hari Minggu, 16 Maret 2014.

Jakarta-Toys-Comics-Fair-2014-Cosplay-Judges-02

Pada hari Minggu, JOI berkesempatan untuk mewawancara singkat bersama kedua cosplayer cantik asal Hungaria ini, karena itu tanpa basa-basi lagi, inilah liputan wawancaranya.

Signum (S): Hello girls, pertama-tama, saya harus mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan meluangkan waktunya untuk diwawancara oleh kami dari Jurnal Otaku Indonesia, siang ini, I hope you wouldn’t mind.
Enji (E): Haha, no it’s okay!
Kana (K): Yea, not at all.

TF 2014

S: Alright, since we’re on the clock, mari kita mulai, kemarin saya dengar ini adalah kali pertama kalian datang ke Indonesia, dan tepatnya, Jakarta ya?
E&K: Yeah!

S: Oke, bagaimana menurut kalian suasana di Indonesia, apakah kalian senang berada disini?
E: Very nice, we LOVE Indonesia, karena orang-orangnya sangat baik, makanannya sangat enak, dan cuacanya sangat-sangat panas.
K: Rasanya sangat menyenangkan berada di iklim yang panas.

S: Oh ya? Bagaimana bila dibandingkan dengan Hungaria?
E: Oh berbeda sekali.
K: Ya, di Hungaria sekarang suhunya kira-kira 10 derajat, sedangkan disini, entahlah, 25 derajat? Sepertinya lebih….

TF 2014

S: Wow, beda sekali ya, kenapa kalian memilih untuk bercosplay? Apakah kalian akan menjadikannya sebuah karir atau ini hanyalah hobi untuk mengisi waktu?
E: Umm, kalau aku, ini adalah hobi, ini adalah semangatku bahkan untuk saat ini, cosplay adalah gaya hidupku karena dengan cosplay aku bisa berkembang, aku dapat diundang kemana-mana tapi itu bukanlah profesi untukku. Aku masih belajar dengan major Industrial Design di Hungaria, jadi itu adalah passionku.
K: Kalau aku sepertinya lebih ke hobi ya, dan Enji disini sepertinya akan menjadi profesional suatu hari nanti (tawa kecil), tapi untukku, cosplay akan tetap menjadi hobi saja.

S: Apakah arti cosplay menurut kalian? Apakah cukup hanya dengan passionnya saja? Apakah detil harus diperhatikan dengan baik? Atau apakah yang paling penting itu interpretasi kalian mengenai sebuah karakter?
E: Kalau menurutku ya, cosplay yang bagus harus menyangkut detil dari kostum dan bagaimana seorang cosplayer bisa menghayati karakternya. Jadi, ya, bagaimana terampilnya dia dan bagaimana dia bisa menjadi karakter tersebut sangat penting.
K: Ya, karakterisasi sangat penting bagi kami, karena kamu sudah memilih karakter yang kamu suka, jadi sudah seharusnya kamu berlaku seperti karakter tersebut.

alice madness enji

S: Kalau begitu, apakah kamu punya karakter cosplay favorit? dan kenapa memilihnya?
E: Bagiku, kupikir Super Girl adalah favoritku, karena menurutku, dia adalah karakter yang paling cocok untuk aku peragakan. Aku juga suka Alice dari Alice Madness Return…. aku tidak tahu, aku selalu menyukai semua karakter yang aku cosplay, tapi yang paling aku suka memang sepertinya Super Girl.
K: Kalau aku paling suka cosplay menjadi Black Cat, dari Spiderman. Berbeda dengan Catwoman, menurutku Black Cat jauh lebih keren daripada Catwoman, dan aku juga sebenarnya sangat suka dengan karakter dari novel Harry Potter, Draco Malfoy tapi aku tidak mau bercosplay menjadi dia karena sayangnya dia, cowok. (tertawa)

S: Tapi kan kamu bisa crossplay?
K: Iya sih, tapi sepertinya itu akan terasa salah haha.

TF 2014

S: Pertanyaan ini sepertinya akan digemari oleh para pembaca kami,terutama para kaum Adam. Kalian ini suka tipe cowok yang seperti apa sih?

(Enji dan Kana spontan tertawa)

E: Well…. dia harus aneh seperti aku, jadi kita harus punya banyak kesamaan, dia juga harus lebih tinggi dariku, dan.. dan apa ya, I dunno, dia harus baik, pengertian mengenai cosplay, karena aku sering berpergian kesana kemari memenuhi undangan dari mana saja, ya. Jadi sepertinya aku lebih cinta dengan apa yang ada di dalam dan tidak terlalu fokus kepada yang diluar.
K: Untukku yang paling penting adalah pertama dia harus lebih tinggi dariku, tapi dari situ masalahnya menjadi sangat sulit, karena tinggiku sendiri 177cm, jadi…. tidak mudah bagiku untuk mencari pacar…. Dia juga harus… umm… kuat?

TF 2014

S: Hahaha, jadi kamu suka pria kuat ya!
K: Hahahahah, ya, aku suka pria yang kuat.
E: Dia suka otot hahaha.

S: Lho? Jadi kamu juga suka pria berotot?
K: Yaaa, tidak selalu sih…
E: Semua tergantung dengan karakter lelaki tersebut dong.

S: Lalu, apakah kamu punya mimpi cosplay? Kalau boleh tahu, apakah mimpimu dalam dunia cosplay ini?
E: Aku ingin sekali datang ke San Diego Comic Con (tertawa). Kalau untuk cosplay, aku ingin sekali bercosplay sebagai Kerrigan dari Starcraft 2.
K: Kalau aku ingin sekali bercosplay sebagai Fleur Delacour dari Harry Potter, aku sudah punya kostumnya tapi sampai sekarang belum selesai-selesai (tertawa) jadi mimpiku mungkin adalah menyelesaikan kostum cosplay tersebut (tersipu malu)

S: Hahaha, it’s okay, good luck to you guys!
E&S: Thank you~ (kokoro saya leleh disini)

TF 2014

S: Okay, sebagai penutup, apakah kalian punya kesan dan pesan, atau tips atau mungkin sekedar komentar bagi para fans dan cosplayer di Indonesia?
E: Hello guys, terima kasih sudah membaca interview ini (tawa kecil) love you guys, dan terima kasih atas dukungannya selama ini!
K: Ummm, tips dariku adalah, jadilah dirimu sendiri, lakukan cosplay yang kamu sukai dan tidak usah pedulikan apa yang orang lain katakan!
E: Yes, have fun!
K: Ya, cosplay itu menyenangkan, so just do your thing. Sepertinya itulah pesanku bagi para cosplayer di Indonesia.
E: Don’t take it seriously. (tertawa)

Begitulah kira-kira sesi pertanyaan antara saya dan para cosplayer cantik dari Eropa ini. Keduanya tampak sangat senang berada di Jakarta dan di acara Toys Fair tersebut. Sayangnya saya tidak berhasil mengulik lebih banyak pertanyaan, karena memang jadwal kedua cosplayer ini sangatlah padat. Namun saya yakin kalian semua sudah puas dengan tipe lelaki kedua cosplayer tersebut.

TF 2014

Sayang sekali Dedemit tidak ikut berfoto dengan kami, mungkin juga karena semua tempat di frame foto sudah saya ambil. Kembali saya harus berterima-kasih kepada mas Riza dari Sacca Production selaku pihak penyelenggara atas kesempatan ini, juga Andhika dan Hime yang sudah mau mengurusi kami dan meluangkan sebagian waktunya, thanks guys, you’re the best!

Semua foto tanpa watermark JOI diambil dari deviantart dan facebook Enji dan Kana.

Enji

Kana