Untuk Apa Susah-Susah Merilis Xbox One di Jepang?

March 24, 2014 3:15 pm
Untuk Apa Susah-Susah Merilis Xbox One di Jepang?

Pada hari Rabu minggu lalu, sebuah pengumuman dari Microsoft menyatakan kalau Xbox One akan dirilis di Jepang pada bulan September 2014, lebih lambat hampir 7 bulan daripada perilisan PS4 dan hampir lebih lama setahun daripada perilisannya di Amerika dan Eropa. Yang benar saja?

xbox one ngapain rilis (3)

Dengan rentang jarak perilisan yang begitu lama, saya yakin semua orang sudah malas membeli, bahkan mungkin sudah melupakan eksistensi konsol yang satu itu. Semua orang mungkin sudah punya konsol PS4 sendiri dan dengan beberapa fitur Xbox yang hanya bisa dipakai di daerah Amerika, sepertinya mengeluarkan Xbox One di Jepang hanya akan menambah daftar kerugian Microsoft.

Banyak komunitas gamer online di Jepang yang kemudian tergelak mendengar tanggal perilisan Xbox One, mereka mengkomentari hal tersebut seperti “September lol, udah keburu lupa kali,” dan ada juga yang hanya berkomentar “September hahahahhahahhahahha!

xbox one ngapain rilis (2)

Xbox 360 dan Xbox pertama memiliki kendala dalam memasarkan produknya kepada gamer Jepang, mungkin karena kendala bahasa dan penembusan pasar bukanlah hal yang mudah di Jepang dengan dominasi Sony dan Nintendo. Walaupun produk barat lain seperti iPhone sangat diterima oleh para warga Jepang, Xbox, bukanlah hal yang populer.

Berikut adalah beberapa komentar yang melayang dari para gamer Jepang lain:

  • “Apapun yang mereka lakukan, sepertinya konsol ini akan lebih buruk daripada 360.”
  • “Xbox sudah kalah total.”
  • “Yep, selesai sudah Xbox, lol.”
  • “PC sudah cukup buatku.”
  • “Rival terbesar Xbox One adalah Xbox 360.”
  • “Kalau (Microsoft) memang ingin menjualnya di Jepang, setidaknya berusahalah sekuatnya”

Walaupun opini ini tidak dilayangkan oleh semua gamer di Jepang, saya yakin pasti masih ada Xbox fanboy di Jepang, mungkin satu, mungkin lima, mungkin lebih banyak lagi. Tapi dengan perilisannya di bulan September, mungkin mereka akan jenuh menunggu konsol tersebut dan beralih kepada Sony PS4 atau Nintendo Wii U yang pada saat perilisan Xbox One sudah memiliki banyak judul game untuk dimainkan.

196b3b223d7dc529465cf7cafd6e6f00

Apa mungkin ini ada hubungannya dengan slogan Microsoft ini, “Ready when you are“. Yang benar saja Microsoft, untuk apa menunggu begitu lama untuk menjual konsol terbaru kalian di Jepang? Saya yakin pada saat perilisannya, semua gamer malah akan marah ketimbang siap.

sumber: Kotaku
gambar: VideoGameManor