Inilah 5 Barang Yang Dianggap Orang Jepang ‘Terlalu Mahal’

April 2, 2014 6:30 pm
Inilah 5 Barang Yang Dianggap Orang Jepang ‘Terlalu Mahal’

Walaupun sudah menjadi salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia (Singapura menempati posisi pertama, sedangkan Tokyo tergeser dari posisi puncaknya,) masih ada juga barang-barang di Tokyo yang dianggap ‘kemahalan’ daripada biaya-biaya lainnya. Berikut adalah sebuah survei yang dilakukan oleh situs Ameba News yang menanyakan 570 orang pekerja mengenai produk-produk apakah yang menurut mereka terlalu mahal untuk dibeli di Jepang.

Dari 570 orang tersebut, 40 persennya mengatakan kalau ada barang-barang yang menurut mereka dijual dengan harga yang terlalu mahal, sedangkan 60 persen sisanya mengatakan kalau sistem harga di Jepang baik-baik saja. Para responden yang merasa harga-harga di Jepang terlampau mahal kemudian ditanyakan barang-barang apa yang menurut mereka tidak sesuai dengan nilai harganya, berikut adalah hasilnya.

#3. Make Up (6 suara)

barang kemahalan jepang (5)

Pada dasarnya, make-up memang sudah seharusnya menjadi mahal, namun seorang wanita berkomentar mengenai tingginya harga dari kosmetik organik yang dijual di Jepang, “Walaupun murah di luar negeri, kosmetik organik sangat mahal di Jepang, bahkan bisa sampai 3 kalinya!” (Tokyo/Wanita/31)

#3 Biaya Telepon Genggam (6 suara)

barang kemahalan jepang

Memiliki telepon genggam adalah sebuah kebutuhan (yang mahal) di negara manapun, namun Jepang terdaftar sebagai salah satu negara dengan biaya telepon genggam yang paling mahal di dunia. Jadi, apa kamu sekarang masih mau beralasan kehabisan pulsa atau tidak punya paket internet? Sebagai informasi, biaya telepon genggam di Jepang yang paling murah berkisar antara 3000 Yen setelah pajak dan biaya-biaya tambahan lainnya (sumber).

#3 Tiket Bioskop (6 suara)

barang kemahalan jepang (3)

Bahkan saya di Indonesia saja sudah merasa tiket bioskop itu cukup mahal, walaupun masih banyak bioskop alternatif yang menyediakan kursi dengan harga dibawah 50 ribu rupiah di akhir minggu, tapi rata-rata bioskop mengharuskan saya membayar cukup besar di kota besar Jakarta ini. Namun betapa bingungnya saya begitu saya mengetahui tiket bioskop di Jepang rata-rata 2000 Yen! Bahkan Ryuukikun yang baru saja memesan tiket Saint Seiya lewat pre-order dibebankan biaya 1300 Yen, dan itu dengan diskon pre-order sebesar 500 Yen yang membuat harga aslinya 1800 Yen.

#2 Barang Buatan Desainer Terkenal (25 suara)

barang kemahalan jepang (2)

Eh, saya ternyata tidak terlalu terkejut melihat nomor duanya, sepertinya dimana-mana barang buatan desainer kenamaan sudah pasti akan memiliki label harga yang kurang masuk akal. Siapa juga mau membeli tas Hermes seharga 100 juta kan?

#1 Pengiriman Pizza (28 suara)

barang kemahalan jepang (4)

Pasti kamu sering melihat promo-promo pengiriman Pizza, misalnya seperti “30 menit tidak sampai, pizza anda kami gratiskan!” atau sejenisnya, membuatmu makin bergairah untuk memesan pizza, apalagi kalau kamu iseng memesan pesananmu saat jam sibuk, dan rumahmu berada di ujung dunia, membuat si pengantar kalau tidak nyasar, mungkin lebih dulu diculik oleh organisasi jahat entah dimana, dan kamu mendapat pizza gratis.

Namun kamu sebaiknya berpikir dua kali sebelum memesan pizza di Jepang, karena jasa pengiriman pizza bisa membebanimu sampai 3200 Yen (sekitar 340 ribu Rupiah)per pengantaran. Sebagai contoh, Ryuukikun yang membeli Love Live! Pizza dibebani sekitar 1800 Yen (sekitar 200 ribu Rupiah) dan Nugrahadi yang baru dari Jepang mengatakan kalau seloyang pizza di Domino’s dihargai sampai 1900 Yen (sekitar 210 ribu Rupiah), dan keduanya makan di tempat!

Nami duit

Namun menurut Ryuukikun, di Jepang tidak membebani biaya kirim atas Pizzanya, sedikit lega? Mungkin, tapi harga pizzanya sendiri juga sudah terlalu mahal!

Menurut kamu adakah benda-benda yang terlalu mahal yang dijual di Indonesia? Secara pribadi menurut saya harga layanan internet masih relatif mahal untuk mendapatkan internet cepat dan ‘sehat’. Selain itu harga mainan figure juga masih terlalu mahal, turunin dong!

sumber: Rocketnews
gambar: pixiv/mameshiba