Jumlah Pencetakan Manga ke 13 Shingeki no Kyojin Memecahkan Rekor Milik Kodansha

April 7, 2014 1:02 pm
Jumlah Pencetakan Manga ke 13 Shingeki no Kyojin Memecahkan Rekor Milik Kodansha

Resmi diumumkan bahwa hari ini, tanggal 7 April 2014 bahwa edisi terakhir Shingeki no Kyojin (volume 13) yang akan dirilis pada tanggal 9 April akan dicetak sebanyak 2.75 juta eksemplar untuk pencetakan pertamanya saja, dengan mudah memecahkan rekor volume ke 12 yang berjumlah 2.2 juta eksemplar dan memecahkan rekor Kodansha yang sebelumnya dipegang oleh volume ke 8 Be-Bop High School buatan Kazuhiro Kiuchi yang dirilis pada tahun 1987 dan dicetak sebanyak 2.367 juta eksemplar.

bebop HS

Jumlah ini membuktikan betapa suksesnya manga besutan Hajime Isayama ini, dengan angka pencetakan edisi ke 13 sampai 69 kali pencetakan volume pertama (40,000 eksemplar) dan manga ini sudah terjual sebanyak 35 juta eksemplar di Jepang saja. Tidak ayal kalau kompilasi anime mendatangnya dan film live-actionnya akan mendorong angka penjualan ini jauh lebih besar lagi.

SnK 13
Volume ke 13 Shingeki no Kyojin

Dengan angka penjualan yang begitu besar, tidak aneh rasanya bila Shingeki no Kyojin akan menjadi salah satu (atau malah sudah) manga yang melegenda, baik di kalangan pria atau wanita.

sumber: Crunchyroll
gambar: Zerochan