Inilah Generasi PSP Terakhir Yang Akan Sony Produksi

April 8, 2014 3:15 pm
Inilah Generasi PSP Terakhir Yang Akan Sony Produksi

PSP adalah sebuah konsol ringkas saya yang pertama, saya ingat waktu itu membelinya pun dengan susah payah. Karena saya pikir membeli elektronik di Singapura lebih murah, saya pergi ke Plaza yang cukup terkenal hanya untuk dibohongi, memang harga awalnya murah, namun kemudian dia menawarkan banyak hal yang membuat tagihan saya membengkak, bahkan memory card saya pun bukan yang asli milik Sony PlayStation. Namun saya tetap cinta dengan konsol yang satu itu.

psp latest production

Sekarang, dengan kepindahan para pemain menuju PS Vita, Sony telah memulai membatasi produksinya ke satu saja model PSP-3000 dan kemudian membatasinya lebih jauh lagi ke warna Piano Black (Hitam Piano) seperti warna generasi pertama PSP yang keluar pada tahun 2004 silam. Selain warna hitam, di Jepang juga dirilis PSP dengan warna Radiant Red (Merah Memancar), Bright Yellow (Kuning Terang), Spirited Green (Hijau Bersemangat) dan Vibrant Blue (Biru Berenergi).

psp latest production (2)

Setelah PSP-3000, Sony sebenarnya mengeluarkan beberapa model lagi untuk menarik perhatian para pemain, yang pertama adalah PSP GO, sebuah PSP dengan sistem geser yang sayangnya kurang diminati karena penempatan tombolnya yang membuatnya susah untuk dimainkan. Kemudian mereka juga mengeluarkan PSP Street, PSP ‘murah’ yang ditujukan bagi mereka yang ingin bermain dengan PSP tapi kondisi keuangannya tidak mendukung. PSP Street hanya memiliki sistem pengeras suara mono dan tidak memiliki kapabilitas menggunakan komunikasi nirkabel demi mematok harganya yang murah.

psp latest production (4)

psp latest production (3)

Namun menurut Wikipedia, tertulis PSP e10000 atau PSP Street masih diproduksi, mungkin mereka belum memperbaharui informasi mereka.

Tentunya masih ada pengembang game, kebanyakan game ‘untuk wanita’ dan visual novel yang merilis gamenya di PSP. Xseed masih memiliki game PSP, The Legend of Heroes: Trails in the Sky SC juga masih dijadwalkan untuk rilis di barat, dan ada informasi yang mengatakan game RPG dari pengembang game kecil di Jepang mungkin masih akan merilis gamenya di PSP juga.

Mungkin memang sudah saatnya pamor PSP untuk menghilang, dia sudah menemani kita terlalu lama dan ini adalah saat yang baik untuk PSVita mengambil alih tampuk kekuasaannya. Karena itu, biarkan saya berterima kasih atas ratusan jam Monster Hunter saya PSP, kamu memang sudah sangat berarti bagi saya.

sumber: Siliconera