Sebagai Pilot Evangelion, Berapa Gaji Shinji?

April 10, 2014 4:22 pm
Sebagai Pilot Evangelion, Berapa Gaji Shinji?

Evangelion adalah salah satu masterpiece bersejarah dalam dunia anime dan manga. Sebagai penggebrak dari tipikal genre mecha dimana “seorang pemuda tiba-tiba mendapat tugas melindungi dunia dengan robot raksasa” fokus Evangelion terletak pada Shinji, yang sukses dieksplorasi sebagai tokoh “alami” dimana ia dapat merasa tertekan dan frustrasi tentang keadaan disekitarnya (diluar fakta bahwa dia memang sudah labil sebelum memiloti Eva), tidak seperti protagonis lain yang tiba-tiba menjadi pilot handal dan semua masalahnya terselesaikan dengan semangat cinta dan persahabatan.

gajishinjidonotwant (2)

Plot Evangelion sangat dalam dan dipenuhi simbolisme hingga membuat sebagian besar kalangan yakin bahwa sesudah diselesaikan pun, seri Evangelion masih akan menyisakan banyak pertanyaan tak terjawab yang muncul di sepanjang serinya.

Salah satu pertanyaan yang coba dijawab kali ini adalah; Berapa gaji Shinji sebagai pilot Eva?

gajishinjidonotwant (4)

Tinggal satu atap bersama wanita seksi dan gadis blasteran Jerman tsundere tidak dihitung sebagai “bayaran” yah, bukan, bukan juga cewek berambut biru yang dipesan oleh ayahnya secara grosiran itu. Organisasi peneliti gaji Jepang Heikin Nenshu meneliti berapa gaji yang diterima Shinji dalam kurs saat ini sebagai pilot spesialis yang mendapat latihan profesional dibawah arahan organisasi internasional yang didukung oleh banyak negara.

gajishinjidonotwant (1)

Pertama; rata-rata gaji bulanan pilot di Angkatan Udara Jepang adalah sebesar 150.000 yen (16 juta rupiah) sebulan. Tapi itu baru gaji pokok, belum lagi bayaran jam terbang Shinji dalam memiloti Eva, yang bisa mencapai angka 153.200 yen (16 juta rupiah lebih) sebulan. Ada juga tambahan karena bekerja di area bencana atau area berbahaya. Yah, bekerja disamping alien yang berusaha menghancurkan dunia bisa dihitung area berbahaya kan? Kalau Angelnya juga libur dan tidak menyerang pas akhir minggu, berarti 1620 yen sehari selama 5 hari kerja perminggu, Shinji lagi-lagi mendapat tambahan 32.400 yen (3.5 juta rupiah) perbulan.

Ditambahkan juga Shinji mungkin bisa mendapat 400.000 yen (45 juta rupiah) per tahun untuk pekerjaan malam (Angel 3) dan pekerjaan pertahanan laut (Angel 4) dan uang lembur sebesar 200.000 yen (22 juta rupiah)

Jadi gaji Shinji setahun adalah 4.627.200 yen (508.992.000 juta rupiah) sebelum pajak.

Sudah cukup menggiurkan? Tunggu dulu! Jangan lupa karena pekerjaan sehari-harinya yang “keras” apalagi saat “bertugas”, Shinji juga bisa mendapat uang ganti rugi karena cedera saat bertugas sebesar 1 juta yen (110 juta rupiah)

Sayang NERV tidak membuka lamaran pilot baru. Tapi yah melihat Shinji sepanjang seri, hati kecil saya tetap menolak untuk menjadi pilot Eva. Lagipula apalah gunanya uang di dunia yang sudah mau kiamat seperti yang terlihat di film Evangelion terakhir?

gajishinjidonotwant (5)

Tapi kalau wanita, mungkin saya tidak menolak. Meskipun dia harus memakai penutup mata sebelah.

Sumber: rocketnews