[First Impression] Mekaku City Actors

April 14, 2014 1:22 pm
[First Impression] Mekaku City Actors

Apakah Mekaku City Actors begitu mengecewakannya? Sebagai salah satu penggemar Kagerou Project (meskipun tidak seloyal itu) jujur saya cukup hype dengan seri yang satu ini saat pertama kali diumumkan. Tapi saat tayang, reaksi yang muncul dari berbagai lapisan penonton cukup mengejutkan. Akhirnya saya berkesempatan nonton hari ini.

kagerouprojectnotsomasterrace (4)

Mekaku City Actors adalah adaptasi dari sebuah rentetan musik Vocaloid IA dan Hatsune Miku gubahan Jin atau yang dikenal dengan Shizen no Teki-P yang disebut Kagerou Project. Kagerou Project cukup spesial karena mempunyai rentetan cerita yang cukup jelas dan saling menyambung dari satu musik ke musik lainnya. Sejak debut beberapa tahun lalu, Kagerou Project memiliki cukup banyak penggemar dibanding seri vocaloid lain.

Bercerita tentang sekumpulan anak muda yang tergabung dalam apa yang mereka sebut Mekakushi-Dan, yang semua anggotanya memiliki kemampuan mata khusus yang berbeda, juga latar belakang yang unik. Hal ini akan diungkap di cerita intinya nanti.

kagerouprojectnotsomasterrace (3)

Episode pertama dimulai dengan cukup lemah, dimana episode ini terasa seperti prolog cerita dan latar belakang dari tokoh utama, Shintaro dan Ene. Sinematografi yang ada pun terasa loyo dibanding Monogatari yang sangat kuat dipadu dengan warna tegas dan gelap, serta perpindahan frame yang cepat. Mekaku City Actors dengan palet warna yang pucat dan sinematografi yang “jinak” terasa sedikit lemas.

Sejauh ini cerita yang dipakai sama dengan manga yang sudah lebih dulu terbit. Meskipun beberapa sumber menyatakan bahwa animenya akan memakai pendekatan yang berbeda dengan manga dan video vocaloid. Tapi itu adalah sesuatu yang harus kita tunggu untuk beberapa episode kedepan.

kagerouprojectnotsomasterrace (5)

Mengesampingkan aspek teknis, saya cukup terhibur dengan Ene yang tampak sesuai dengan bayangan saya. Beberapa adegan juga membuat saya berpikir “Hei ini Bakemonogatari/Hidamari banget!” karena mungkin mereka memakai key animation yang sama. Dan desain yang setia menggunakan karya Shidu dan Wannyanpu seperti di video Vocaloidnya. Dan tak lupa lagu baru Jin, daze yang funky seperti biasa.

kagerouprojectnotsomasterrace (6)

Sejauh ini kekecewaan saya hanya sebatas aspek teknis yang sekedar tak sesuai dengan bayangan saya yang sudah terbiasa akan warna kuat di berbagai video Kagerou Project yang sudah beredar. Tapi saya akan coba untuk terus menontonnya tanpa berharap terlalu tinggi. Patut diingat Shaft masih punya Nisekoi saat ini.