Penggemar Fanatik Tonton The iDOLM@STER Movie Lebih dari 100 Kali!

April 14, 2014 5:00 pm
Penggemar Fanatik Tonton The iDOLM@STER Movie Lebih dari 100 Kali!

The Idolmaster Movie: Kagayaki no Mukougawa he! merupakan salah satu anime movie yang berhasil meraih penjualan tiket dengan jumlah yang cukup besar. Mungkin sudah bisa ditebak kalau salah satu penyebab tingginya penjualan tiket tersebut dikarenakan banyaknya penggemar serial ini yang menonton lebih dari satu kali karena banyaknya bonus yang dibagikan setiap minggunya. Tapi sebenarnya berapa kali seorang penggemar menonton ulang film satu ini?

idolmaster_movie_dengeki_1

Pada tanggal 11 April 2014 di bioskop Shinjuku Wald, diadakan acara untuk merayakan akhir penayangan The Idolmaster Movie: Kagayaki no Mukougawa he!, yang dihadiri oleh beberapa pengisi suara film anime tersebut yaitu Nakamura Eriko (Amami Haruka), Imai Asami (Kisaragi Chihaya), Hara Yumi (Shijou Takane), Numakura Manami (Ganaha Hibiki), dan juga perwakilan dari Aniplex, Takahashi Yuuma.

Pada kesempatan ini, Takahashi-san mengungkapkan statistik penonton film layar lebar ini. Di Shinjuku Wald sendiri, film ini diputar selama 11 minggu sejak tanggal 25 Januari 2014 dengan total penonton sekitar 4.100 orang untuk Shinjuku Wald, dan total penonton di seluruh Jepang berjumlah sekitar 450.000 orang.

Pada saat acara berlangsung, diadakan survey kepada para penonton tentang berapa kali mereka sebenarnya telah menonton film ini. Pada saat ditanyakan berapa orang yang menonton 10 kali, jumlah orang yang mengangkat tangan sangat banyak dan tidak dapat dihitung. Setelahnya, terus ditanyakan dengan penambahan kelipatan 5 dan masih banyak orang-orang yang mengangkat tangannya. Sampai pada akhirnya 90-100 kali (!) disebutkan, baru akhirnya didapat dua orang yang menonton paling banyak yaitu 102 kali dan 91 kali!

idolmaster_movie_dengeki_2

Oke, sebagus apapun suatu film, saya tidak yakin saya akan menonton sampai 102 kali terutama di bioskop. 11 minggu berarti kurang lebih 77 hari, yang berarti orang tersebut menonton lebih dari satu kali setiap harinya. Dengan harga tiket yang rata-rata 1800 yen, berarti dia sudah menghabiskan kurang lebih 180 ribu yen atau lebih dari 20 juta Rupiah hanya untuk menonton film tersebut!

Melihat hal tersebut, pihak Aniplex mengatakan bahwa dengan begini Idolm@ster movie kedua bukanlah mimpi belaka meskipun tampaknya dia mengatakannya dengan bercanda. Tetapi mungkin tidak ada salahnya berharap? Terutama dengan keberadaan para penggemar ekstrim seperti di atas, penjualan tiket bisa dipastikan akan kembali mencapai rekor.

idolmaster_movie_dengeki_3

Acara diakhiri dengan foto bersama dengan para penonton yang menghadiri acara tersebut.

Seri Idolm@ster sendiri dapat dikatakan sebagai suatu seri yang sudah berlangsung cukup lama sejak tahun 2005, tetapi tahun-tahun terakhir ini merupakan tahun yang cukup penting dengan adanya versi movie dan mulai munculnya sub group seperti Million Live dan Cinderella Girls. Mungkinkah nantinya kedua sub group ini akan menggantikan grup inti Idolm@ster yang sudah berusaha keras selama kurang lebih 9 tahun?

Imai Asami sendiri mengatakan ia sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan dia ingin agar Idolm@ster dapat berlanjut selama 10, 20, atau bahkan 30 tahun kedepan dalam bentuk apapun itu.

Jadi untuk ke depannya, kemanakah Idolm@ster akan mengambil langkahnya? Seri utama gamenya yang berjudul Idolm@ster One For All akan dirilis bulan depan dan juga Idolm@ster Cinderella Girls akan mendapatkan anime pada tahun 2015. Tetapi selama apakah seri ini akan bertahan? Bagaimana menurut kalian?

Sumber : Dengeki Online