Poster Film Terbaru Ghibli Diprotes Hayao Miyazaki

April 22, 2014 2:56 pm
Poster Film Terbaru Ghibli Diprotes Hayao Miyazaki

Sesepuh anime ini kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Kali ini bukan tentang iPad atau otaku, tapi tentang poster promosi film terbaru besutan studionya sendiri.

When Marnie Was There adalah film terbaru dari Ghibli yang juga merupakan film pertama setelah Hayao Miyazaki menyatakan pensiun (kali ini sungguhan) dari dunia animasi. Film ini mengadaptasi buku anak-anak berjudul sama buatan Joan G. Robinson dan disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi.

miyazakiproteslagimarnie (1)

Poster bermasalah itu menampilkan Marnie, karakter utama dari film itu yang juga digambar oleh Yonebayashi. Dalam sebuah konferensi pers seorang produser Ghibli yaitu Yoshiaki Nishimura menyatakan bahwa Miyazaki “memprotes” poster tersebut. Karena menurutnya “Menggunakan gambar wanita pirang untuk menarik perhatian publik itu “Sudah Kuno dan Tidak Dibutuhkan””.

Tentu diklarifikasi oleh sang produser bahwa ia sama sekali tak berniat untuk melakukan hal seperti itu, apalagi memang ‘wanita pirang’ itu adalah karakter sentral dari film yang dimaksud. Tetapi Miyazaki mungkin melihatnya lain.

Mau bagaimanapun, sebagai film pertama setelah kepergian Miyazaki, semua pandangan tertuju pada Marnie. Apakah film ini akan dapat memuaskan Miyazaki sehingga tidak terus “menghantui” Ghibli? Jawabannya bisa kamu lihat setelah menonton filmnya yang akan tayang tangal 19 Juli.

Sumber: ANN