Pria Ditangkap Karena Menjual Potongan Negatif Trailer Film Layar Lebar K-On

April 23, 2014 3:45 pm
Pria Ditangkap Karena Menjual Potongan Negatif Trailer Film Layar Lebar K-On

Potongan negatif film memang barang kolektor yang cukup berharga, seperti yang terjadi pada potongan negatif film Madoka yang terjual cukup sangat mahal ini. Salah satu karyawan bioskop di Jepang menyadari hal itu sehingga nekat memotong dan menjualnya.

Tanggal 22 April kemarin kepolisian Kanagawa menangkap seorang pria mantan operator proyektor bioskop berusia 44 tahun karena terbukti menjual negatif trailer dari film K-On! The Movie di lelang internet di bulan Agustus 2011. Dia terbukti melanggar beberapa pasal yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta.

malingk-onmovienegatif (2)

Filmnya sendiri sudah diputar 3 Desember 2011 yang lalu. Namun yang dijual adalah trailer film yang diputar di berbagai bioskop beberapa bulan sebelum penayangannya dimulai. Ia memotong 5 frame dari gulungan negatif trailer yang ada di tempat dulu ia bekerja, lalu menjualnya seharga 50.000 yen (sekitar 5.5 juta rupiah). Sang pembeli rupanya adalah Shochiku yang merupakan distributor filmnya sendiri. Setelah mendapat barang bukti berupa potongan yang dimaksud, Shochiku langsung melaporkannya pada polisi.

Jadi para kolektor, kalau mau mengoleksi potongan film seperti itu, kerja saja dari tukang proyektor bioskop. Tinggal potong!

Sumber: ANN