[3 Eps Rule] No Game, No Life

April 24, 2014 2:41 pm
[3 Eps Rule] No Game, No Life

No Game No Life adalah anime yang unik dan cukup mengejutkan, membuat saya jadi selalu tidak sabar menunggu kelanjutannya tiap minggu. Padahal “cuma” adaptasi light novel seperti biasa! Apa yang membuat anime ini di episode 3nya sukses membuat saya menantinya dengan setia tiap minggu?

Nice Game
Bercerita tentang sepasang kakak beradik Shiro dan Sora yang merupakan gamer jenius yang dikenal dengan nama ” “(blank). Mereka merasa mereka hidup di dunia yang salah, yang mereka sebut dengan “game yang jelek”, sampai akhirnya seorang “tuhan” memanggil mereka ke dunia yang segala perselisihan, perang, sampai batas negara ditentukan dengan game atau permainan.

nogiamenolifebestanimoo (4)

Salah satu aspek utama kesuksesan anime ini menarik perhatian saya adalah bagaimana cara Shiro dan Sora memenangkan berbagai “permainan” yang ada di dunia tersebut dengan logika dan kalkulasi yang pintar. Sama dengan alasan kenapa saya begitu tertarik dengan karakter Shiro di Log Horizon. Apalagi, cara Shiro dan Sora memenangkan game sangat tidak ortodoks, membuat kita seringkali tertegun melihat bagaimana mereka memenangkan sebuah permainan, dari suit biasa hingga catur.

WRRRRRRYYYYYYYYYYYYYYYYYYY
Satu hal aneh adalah konsistennya berbagai referensi dan parodi Jojo sepanjang 3 episode dari anime ini. Padahal anime ini tidak ada manly-manlynya sama sekali. Satu-satunya karakter pria yang sudah muncul, Sora, cuma badass kalau di depan arena game.

nogiamenolifebestanimoo (2)

Dari WRYYYYYY sampai DAGA KOTOWARU. Berikutnya apa?

Protagonis Manusiawi
Tidak seperti tipikal protagonis yang disummon dari dunia lain, Sora dan Shiro meskipun adalah karakter “jenius”, mereka tetap butuh waktu penyesuaian dengan aturan main dari berbagai permainan yang ada di dunia baru tersebut. Bahkan baru episode 3, sudah terlihat bagaimana mereka menemukan berbagai kesulitan dan nyaris kalah. Biasanya protagonis baru mau kalah di hadapan bos kan?

nogiame1nolifebestanimoo (2)

Sungguh manusiawi, meskipun pada akhirnya seperti protagonis pada umumnya, mereka akan tetap menang. Tapi cara mereka keluar dari masalah itu kembali ke poin pertama yang saya sebutkan diatas. Tidak ortodoks sehingga menarik dilihat.

Patut diakui visual No Game No Life tidak bagus-bagus amat, tapi saya tetap beri acungan jempol desainer animenya untuk tetap dapat mempertahankan gaya pewarnaan dan karakter yang khas dari sang kreatornya, Kamiya Yuu.

Verdict: Ngedrop? KOTOWARU!